Sabtu, 28 Januari 2017

WAKTU KHUSUS BERDZIKIR NAFAS

Kapan kah waktu terbaik/khusus untuk Berdzikir Nafas?
_______________________________________________

Dalam Berdzikir Nafas, tiada waktu khusus..
Bagi pemula yang baru mengamalkan nya ialah, cari lah waktu yang sunyi atau sepi. Agar kita bisa lebih cepat khusyu' atau bisa lebih cepat masuk kepada kesadaran jiwa.

Jika di rumah kita ramai orang, lakukan lah DN itu ketika mereka telah tidur. Karna suasana sepi sangat mendukung kesadaran kita fokus kepada Allah. Latih terus setiap hari..

Nanti jika telah terlatih, kita akan bisa berDN di kala ramai orang atau suasana bising. Walau anak kita menjerit-jerit atau istri menonton tv dengan volume besar.. kita tak lagi terganggu dengan kebisingan itu semua. Karna telah bisa memisahkan kesadaran.

Itulah yang di katakan "sendiri di kala keramaian". kita merasa terganggu karna masih di wilayah jasad, telinga ini masih mendengar suara di sekitar. Sehingga masuk kepada pikiran. Di sini terkadang kita sering marah, ketika anak-istri yang bising. Tetapi jika kita telah masuk kepada kesadaran jiwa, kita akan terpisah dengan pikiran. Walau telinga mendengar suara bising, tetapi jiwa telah menyendiri tak lagi terganggu pada suara sekitar.

Bahkan semakin lama, suara di luar diri tak lagi kita dengarkan. Yang terdengar dan di saksikan hanya lah yang di dalam diri.

Jadi, untuk pemula.. memang harus ekstra latihan di kala sepi. Nanti jika telah terlatih, di kala ramai kita bisa selalu BerDN setiap saat.

Sendiri atau beramai-ramai..
Sunyi atau bising..
Ya sama saja, karna kita telah terbiasa masuk pada jiwa yang tenang. Tak lagi berpengaruh pada suasana sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar