Selasa, 31 Januari 2017

BERBAGI ATAU MENGAJARI

BERBAGI ATAU MENGAJARI

Berbagi atau mengajari itu, dua hal yang berbeda.. walau tujuan nya ya sama.

Kalau berbagi pengalaman, itu kesan nya orang lain tidak akan merasa terpaksa atau terpojok. Namanya juga berbagi.. mau di terima ya syukur, bagi yang tidak mau ya ndak usah di ambil. Jadi tiada pertentangan..

Berbeda dengan mengajari, ketika kita mempunyai suatu ilmu pemahaman, baik dari belajar atau pengalaman diri. Ini akan membuat orang lain terpojok atau terusik. Ego mereka akan terusik, "Saya sudah pintar koq di ajari. Siapa kamu berani-berani nya menggurui?"
Nah, mereka akan merasa di gurui!

Memang harus lebih bijak dalam menyampaikan Amanah-Amanah Allah. Ya berbagi saja pengalaman diri kita. Itu justru sangat kecil Resiko nya. Mereka tidak merasa di  gurui, walau pun mereka mengambil pelajaran dari apa yang kita sampai kan.

Kalau melihat sejarah para Wali-Wali Allah tempo dulu di seluruh Nusantara ini.. dalam Mensyiarkan Agama. Saya yakin, mereka juga hanya berbagi, bukan mengajari/menggurui. Sehingga begitu banyak nya yang beragama hindu atau pun Animisme bisa tertarik memeluk islam.

Itulah yang di katakan HIKMAH, Bisa di ambil pelajaran tanpa harus di ajarkan..

Sangat berbeda dengan Zaman sekarang, orang banyak berlomba-lomba mencari ilmu. Setelah mendapatkan ilmu, bawaan nya hanya menggurui. Menyalahkan dan terus menyalahkan. Ini salah, itu salah..
pasti lah banyak ego-ego yang terpancing.

Jika sudah begitu, Ego diri yang semakin kuat. Merasa pintar, merasa guru..
Akhirnya gagal lah tujuan Awal, bukan nya pesan itu dapat di terima. Pasti mendapat pertentangan. Bagaimana orang mau menerima, jika Ego nya selalu terpancing?

Orang yang pintar itu banyak, tetapi yang bijaksana lah yang langka. Semakin berilmu koq semakin Ego? Seharusnya semakin lah bijaksana.

Jadi luruskan niat, berbagi saja karna Allah. Jangan pernah merasa guru, jika sudah merasa guru.. wajar saja, bawaan nya itu selalu mengajari. Tentu orang merasa di paksa.

Jadi ya berbagi saja, itu lebih Aman. Pasti banyak yang menerima tanpa mereka menyadari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar