Jumat, 01 September 2017

DZIKIR ITU LEBIH UTAMA DARI IBADAH YANG LAIN

DZIKIR ITU LEBIH UTAMA DARI IBADAH YANG LAIN

Allah SWT berfirman:

اِنَّنِيْۤ اَنَاۡ اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّاۤ  اَنَاۡ فَاعْبُدْنِيْ  ۙ  وَاَقِمِ الصَّلٰوةَ لِذِكْرِيْ
innaniii anallohu laaa ilaaha illaaa ana fa'budnii wa aqimish-sholaata lizikrii

"Sungguh, Aku ini Allah, tidak ada tuhan selain Aku, maka sembahlah Aku dan laksanakanlah sholat untuk mengingat Aku."
(QS. Ta-Ha 20: Ayat 14)

dan di ayat yang lain,
Allah SWT berfirman:

اُتْلُ مَاۤ اُوْحِيَ اِلَيْكَ مِنَ الْكِتٰبِ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَ    ۗ   اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنْكَرِ ۗ  وَلَذِكْرُ اللّٰهِ اَكْبَرُ   ۗ   وَاللّٰهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ
utlu maaa uuhiya ilaika minal-kitaabi wa aqimish-sholaah, innash-sholaata tan-haa 'anil-fahsyaaa`i wal-mungkar, walazikrullohi akbar, wallohu ya'lamu maa tashna'uun

"Bacalah Kitab (Al-Qur'an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan."
(QS. Al-'Ankabut 29: Ayat 45)

Ini ayat yang sangat menarik, kalau kita tidak memahami pastilah terjadi perdebatan karna perbedaan sudut pandang.

Sebagian orang mengatakan bahwa sholat itu lebih utama di banding dzikir.. sedangkan yang lain berpendapat bahwa dzikir itu yang lebih utama. Manakah yang lebih benar dan masuk akal?

Harus kita pahami kedua ayat di atas. Kita pahami dahulu makna dzikir apa, dan sholat itu apa?

Sholat ialah, ibadah yang di tentukan waktu nya. Sedangkan dzikir ialah, kesadaran yang tersambung kepada Allah, atau juga sadar Allah. Dari terjemahan di  atas di artikan dengan "mengingat Allah." Ok, kita ganti mengingat Allah dengan kata "Sadar Allah.." biar lebih jelas.

Jadi kita telusuri ayat demi ayat, tujuan sholat itu apa? Allah bilang, " dirikan lah atau laksanakan sholat untuk berdzikir kepada ku." Jadi sholat ialah salah satu media untuk menyambung kesadaran kita kepada Allah.

Mengapa dengan sholat koq bisa mencegah perbuatan keji dan mungkar? Itu untuk melatih kesadaran kita tersambung kepada Allah. Jika sudah mencapai keihsanan ( Sadar Allah), pasti lah kita kan terhindari dosa. Mengapa banyak orang yang sholat, koq tidak bisa mencegah perbuatan keji dan mungkar? Karna sholat nya tidak berdzikir, tidak tersambung, tidak menyadari Allah. Bagaimana kan menghindari dosa?

Oleh sebab itu dzikirullah ( Sadar Allah) itu lebih utama di banding ibadah apa pun. Karna jika ibadah kita tiada berdzikir ( sadar Allah), maka kosong lah ibadah itu.. tiada makna. 

Melakukan sholat, hanya nunggang-nungging aja.. tiada dapat mencegah keji dan mungkar.
Bersedekah, hanya sebatas memberi saja.. kesadaran nya tiada ke Allah..
Membaca Al quran, hanya sebatas hafalan saja.. tiada memahami makna terdalam. 

Begitu lah jika tiada dzikrullah..

Saya bukan lah membanding- bandingkan metode sholat khusyu atau pun metode dzikir nafas. Kedua hal tersebut sama-sama metode untuk mencapai dzikrullah, yaitu sadar kepada Allah.. agar mencapai keihsanan.

Jadi apa pun bentuk metode atau ibadah nya, jika tidak ada Dzikrullah ( Sadar Allah) ya kosong, tiada makna..! Oleh sebab itu Dzikrullah itu lebih utama di banding ibadah apa pun.

Jadi tidak perlu lah kita mengunggulkan metode, tetapi kita lihat.. tujuan metode itu apa? Jika berdzikir kepada Allah, mencapai keihsanan.. berarti sudah benar.

Yang lucu nya kita.. sudah tidak paham isi Al quran, malah menyalahkan yang lain..!

1 komentar: