Jumat, 01 September 2017

DAKWAH ITU MACAM-MACAM CARA NYA

DAKWAH ITU MACAM-MACAM CARA NYA 

" Bang, saya ingin beli lagi buku Sadar Allah nya. masih ada kan bang? untuk adik saya. saya ingin meluruskan sesuatu yang bengkok. semoga melalui buku itu adik saya kembali lurus kepada Allah."

Alhamdulilllah.. Merinding saya mendengar kalimat sahabat tersebut.

Jika kita sudah mulai mendekat ke Allah, jangan memikirkan diri sendiri saja. tetapi haruslah mengajak juga orang-orang terdekat di sekitar kita. mungkin kita bukan lah pendakwah, bukan dai yang pandai bicara. tetapi dengan menghadiahkan sebuah buku agama, itu kita sudah berdakwah karna Allah.

Seperti teman-teman yang selalu membagikan tulisan-tulisan saya ini, itu sudah berdakwah. apalagi jika yang baca mendapatkan sesuatu dari tulisan yang kita bagikan.. itu sungguh lah sangat bermanfaat.

Lurus atau bengkok itu, sudah wilayah Allah. saya pun tak berani menjamin apabila membaca buku saya lalu pasti lurus! belum tentu. tetapi setidak nya kita telah berbuat kebaikan. ya semoga saja Allah tunjukkan hidayah nya melalui perantara buku itu.

Jadi cara berdakwah itu macam-macam cara nya..
Jika punya harta.. berikan lah harta..
Jika punya waktu.. berikan lah waktu..
jika punya tenaga.. berikan tenaga..
jika punya ilmu.. berikan lah ilmu..
Berikan saja sesuai apa yang kita mampu..

kita tidak pernah tahu, akhirnya cerita nanti entah bagaimana.
ke syurga atau neraka.. beriman atau malah kafir.. mana kita tahu entah bagaimana nanti nya. tetapi setidak nya kita telah berdakwah di jalan Allah. semoga itu bisa menyelamatkan kita.

coba kita resapi ayat berikut,
Allah SWT berfirman:

يٰۤاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَابْتَغُوْۤا اِلَيْهِ الْوَسِيْلَةَ وَجَاهِدُوْا فِيْ سَبِيْلِهٖ لَعَلَّـكُمْ تُفْلِحُوْنَ
yaaa ayyuhallaziina aamanuttaqulloha wabtaghuuu ilaihil-wasiilata wa jaahiduu fii sabiilihii la'allakum tuflihuun

"Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan carilah wasilah (jalan) untuk mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah (berjuanglah) di jalan-Nya, agar kamu beruntung."
(QS. Al-Ma'idah 5: Ayat 35)

JIka sudah beriman, kita di suruh bertakwa. jika sudah takwa.. kita di suruh mencari jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah.. agar tidak jauh-jauh lagi. jika sudah ketemu wasilah/jalan nya.. perintah selanjutnya apa? ya jihad..!

jadi harus kita pahami, jihad itu bukan lah berperang! tetapi berdakwah atau bersyiar karna Allah.ini lah orang-orang yang mempunyai kedudukan tinggi di sisi Allah.. yaitu orang-orang yang mau berjihad.

jadi jangan hanya sebatas takwa, sebatas berwasilah.. belum lengkap jika tidak berjihad.

Banyak harta.. makan sendiri, tidak di gunakan di jalan Allah..
Banyak ilmu.. pintar sendiri, tidak mau mengajarkan kepada orang lain..
Dimana kah letak jihad itu..?

jadi saya rajin menulis ini bukan lah karna saya sudah pintar..! bukan. tetapi karna saya memahami ayat di atas. point terakhir itu adalah jihad.. makanya saya selalu berbagi. Semoga teman-teman bisa mencontoh.. lakukan lah semampu kita..

Jangan makan sendiri..!

1 komentar:

  1. Setuju ,,,,Bang Andy,,,,,,,
    Ber Sedekah ,,,,,
    Melalui ILMU dan BUKU,,,,,,,

    Salam Yaaaa Salam 🙏🙏🙏

    BalasHapus