Rabu, 20 Desember 2017

TINGKATAN ILMU

TINGKATAN ILMU

Bagi seorang pejalan atau salik, yang mendalami ilmu ketuhanan.. pasti akan mengalami peningkatan ilmu sesuai pengalaman dan perjalanan nya.

Semoga uraian ini menjadi parameter, sudah di manakah tinggkat keilmuan kita,

Tingkatan pertama ( Baru Belajar ):
Bagi seorang pemula yang baru belajar ketuhanan, ia pasti akan cinta mati pada metode atau jalan yang di tempuh nya itu.

ia merasa ini lah jalan tol satu-satu nya yang paling terbaik dan lebih baik di bandingkan jalan-jalan yang lain nya. ketika bergesekan dengan pemahaman atau jalan-jalan yang lain nya, ia akan menolak. karna ia telah jatuh cinta kepada jalan yang di tempuh nya itu.

Tingkatan kedua ( mulai berilmu ):
Ketika ia mulai memiliki ilmu, di sini akan menjadi rawan kesombongan. ini banyak tidak di sadari oleh para pejalan. ia mulai berani mendebat dan menghakimi metode atau jalan-jalan yang lain.

Di tahap ini kesombongan semakin merajalela. ia berani membanding-bandingkan jalan yang di tempuh nya dengan jalan orang lain.Seolah diri nya lah yang paling benar sendiri.. yang lain nya salah semua. Jika tidak cepat sadar, kita akan menjadi iblis di tahap kedua ini. berilmu.. tetapi sombong..!

Tingkatan ketiga ( Berilmu ):
Di tingkat yang terakhir ini ia mulai menggosongkan keilmuan yang di miliki nya. ia mulai membuka diri dan lebih belajar lagi dari mana pun. ketika ada gesekan-gesekan dari sekitar, ia bisa menyerap keilmuan dan pemahaman dari orang lain.

Semakin lama, semakin lah kepahaman nya meningkat. ia tidak lagi membandingkan dengan metode lain. jika ada bergesekan pemahaman. pasti yang di lihat nya adalah hanya kesamaan. yaitu "melihat satu dalam yang banyak." di sini akan membuat nya lebih bijaksana dan tidak pernah menghakimi orang lain.

Semoga uraian ini bisa menjadi parameter untuk diri saya dan teman-teman.. sudah dimana kah tingkat keilmuan kita..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar