Selasa, 26 Desember 2017

JANGAN TERLALU KAKU

JANGAN TERLALU KAKU

Dalam beragama itu jangan terlalu kaku. Jangan sampai gila beragama, tetapi lupa bertuhan..!

Jujur saja.. saya dahulu juga kaku..! hehe..
ketika saya mendalami dzikir nafas. dan merasakan itu adalah jalan tol yang instan dalam mendekatkan diri kepada Allah. sehingga sering juga saya remehkan jalan-jalan yang lain.

Seolah jalan lain itu salah, lambat, tidak instan. tanpa sadar, saya telah membanggakan jalan yang saya tempuh.

seiring berjalan nya waktu, semakin lah saya dewasa. jika benar makrifat, pastilah tiada lagi melihat perbedaan. tiada lagi melihat kiri-kanan. terus lah sibuk pada jalan yang kita tempuh.

Pandang lah Satu pada yang banyak. jika memandang yang banyak, pasti lah selalu berbeda. dan pasti selalu berseberangan. akhirnya gila beragama, tetapi lupa bertuhan.

Jika benar-benar kita bertuhan pada yang satu (Esa).. pasti lah kita kan melihat wujud Esa pada setiap insan. dan pasti rukun dan damai.. tiada lagi perbedaan.

Agama itu juga jalan untuk mendekat kan diri kepada Tuhan yang maha Esa. jadi waspada lah.. yang kita pertuhankan itu agama atau kah yang maha Esa?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar