Selasa, 26 Desember 2017

APAKAH SEMUA ILMU HARUS ADA SANAD NYA..?

APAKAH SEMUA ILMU HARUS ADA SANAD NYA..?

"Maaf bang... saya pun pernah menyebarkan Ilmu ini karna Ilmu lni adalah Ilmu tingkat tinggi...di samping itu Ilmu ini pun tidak melanggar syariat bahkan Allah memerintahkan nya... namun di sebalik itu mempelajari ilmu lni harus mempunyai Guru yg Kamil mukamil yang sanad keguruannya sampai pada Rasulullah...!!! karna di khawatirkan Seseorang yang belajar tidak mempunyai Guru yang jelas Iblislah guru nya.  Afwan 🙏"

Jawab,
Mantap.. tambah menarik nih.. ( bakar rokok dulu, sambil senyum-senyum ) hehe..

Jika anda mengamalkan suatu keilmuan yang bersanad hingga kepada Rasulullah.. Itu baik, itu bagus, berarti ilmu itu tidak di ragukan lagi kemurnian nya.

Tetapi jika ada orang yang menyebarkan ilmu Allah tanpa sanad yang jelas dan anda menganggap itu ajaran yang salah, ini sungguh suatu keegoan. Karna ilmu itu tidak jelas darimana, tiada sertifikasi, dan anda meragukan nya. Ini sungguh orang yang berpikiran sempit.

Dalam beragama jangan terlalu kaku bro.. ilmu Allah itu luas..! Sangat banyak ilmu yang tak di ajarkan Rasulullah, kita jumpai di saat ini.

Bagi saya tak penting bersanad atau tidak bersanad, yang penting itu adalah.. ilmu itu bermanfaat dan tidak bertentangan dengan syariat Rasulullah..!

Saya berikan sedikit gambaran..
Zaman dahulu Rasulullah naik unta, sedangkan zaman sekarang.. orang sudah naik sepeda motor, naik mobil, bahkan naik pesawat.. sehingga bisa menempuh perjalanan jauh dengan waktu yang singkat.

Perlu kah kita mengetahui darimana sanad sepeda motor, siapa yang menemukan sepeda motor, mobil, bahkan pesawat..?

Semua orang tidak perlu mencari tahu silsilah itu semua. Yang terpenting mereka mengetahui bahwa.. manfaat kenderaan-kenderaan itu pasti lebih cepat daripada naik unta.

Begitu pula dalam berdzikir nafas, saya tidak perlu tahu darimana silsilah dzikir nafas yang saya amalkan ini.. yang terpenting, saya merasakan manfaat yang sangat besar dalam mendekatkan diri kepada Allah.

Apakah orang-orang yang belajar dengan guru yang bersanad, maka akan terjamin menjadi hamba yang benar-benar lurus? Belum tentu mas bro! Jangan terlalu cepat berbangga diri.

Jika anda belum mengetahui jalan yang saya tempuh, jangan berkomentar begini-begitu. Coba lah dulu baru anda mengetahui!

Memang benar, semua orang pasti butuh guru. Agar ada tempat bertanya, ada yang membimbing, dan memberi petunjuk arah. Jika tiada guru, pastilah kita penuh kebingungan. Dan di sini rawan godaan iblis. Ini masuk akal bagi saya dan saya bisa menerima.

Tetapi jika tidak bersanad dan anda menganggap itu iblis, ini sungguh saya tidak bisa menerima. Mendidih di dalam dada..

Berhentilah menakut-nakuti umat..
Jika anda bersanad, tempuh lah jalan itu sungguh-sungguh..!

Tiada hak anda menghakimi jalan yang ku tempuh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar