Sabtu, 09 Desember 2017

KOSONGKAN WADAH MU

KOSONGKAN WADAH MU

"Cara menggosongkan wadah itu bagaimana, dan wadah itu apa bang?"

Makna mengosongkan wadah ialah, Di terima saja dahulu.. jangan di tolak atau membantah. Wadah yang saya maksud di sini ialah wilayah hati.

Dalam belajar ilmu ketuhanan, wajib bersih dari ego.. jangan merasa sudah berilmu. Biasa nya orang yg sudah merasa berilmu itu akan sulit menerima pelajaran baru. Karna ia merasa telah memiliki pengetahuan. Padahal ilmu itu kan bertingkat-tingkat..

Jujur saja, lebih mudah ketika mengajari orang yang bodoh daripada orang yang pintar. Orang bodoh itu kalau belajar pasti sungguh-sungguh, karna merasa banyak tidak tahu nya.

Sedangkan orang pintar, ego nya itu sudah tebal. Mana mau lagi di ajari, karna merasa sudah berisi. Merasa sudah berilmu.. inilah wadah yang penuh.

Apalagi yang sudah tua, ego nya lebih besar lagi.. merasa lebih senior dan merasa paling ngerti. Mana mau lagi di nasehati oleh yang muda-muda. Jika anak muda ego itu lumrah, tetapi jika sudah tua bangka makin gede ego nya, itu yang tak tahu diri. Semakin tua koq semakin menjadi? Hehe..

Banyak orang yang minta berguru kepada saya, tetapi saya tak mau mengangkat murid. Mengapa? Saya ingin wadah ini selalu kosong. Orang kalau sudah merasa guru. Terhenti lah ilmu Allah itu, karna wadah nya telah penuh. Sehingga ia merasa cukup dan tak mau belajar lagi. Padahal ilmu Allah itu sangat luas..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar