Minggu, 17 Desember 2017

BERNEGO KEPADA ALLAH

BERNEGO KEPADA ALLAH

Mungkin masih banyak teman-teman yang bingung ketika saya berkata, "Bernego kepada Allah". Bagaimana sih Nego yang di maksud? hehe..

Bernego kepada Allah ini adalah suatu etika/adab dalam berdoa. Meminta kepada Allah itu tidak boleh ngotot, seolah Allah itu seperti pesuruh saja.. minta ini dan minta itu harus di kabulkan. ketika permintaan tak terpenuhi kita marah dan kecewa.

Makna bernego ialah kita harus menyatakan atau mengungkapkan kepada Allah, permintaan kita itu untuk apa? karna siapa dan apa tujuan kita meminta..? di sini sangat banyak orang yang tidak memahami adab dalam meminta. istilah bernego ialah sama juga seperti merayu Allah.. bukan kah Allah itu maha pengasih dan maha penyayang? jika kita telah merayu yang maha pengasih, apa sih yang tidak di berikan Nya..?

Contoh,
kita meminta kelebihan rezeki.. ya nego lah kepada Allah. walau Allah sudah mengetahui isi hati kita.. tetapi sikap ini harus lah di ungkapkan sebagai adab dalam meminta.

" Ya Allah.. Berikan lah aku kelimpahan rezeki, agar aku bisa menyenangi kedua orang tua ku. agar aku bisa menolong orang susah di sekeliling ku. agar aku bisa berdakwah di jalan MU dengan rezeki itu.."

contoh doa di atas adalah sikap bernego kepada Allah, merayu Allah.. karna di sebalik permintaan ada niat yang mulia karna Allah. bukan untuk memperkaya diri. ini lah sikap nego kepada Allah.

Seperti saya dahulu ketika pertama kali menulis buku, untuk mencetak nya saja tiada sedikit pun uang, karna saya sedang menganggur tiada penghasilan. ya saya nego ke Allah,
" Ya Allah, buku saya sudah terbit.. tetapi untuk mencetak nya tiada uang ya Allah. Bagaimana pesan-pesan mu ini akan sampai kepada mereka ya Allah? sungguh hamba tak mampu ya Allah..!"

Ajaib, tiba-tiba Allah gerakkan malaikat-malaikat nya untuk menyampaikan rezeki kepada saya. semua teman-teman dan para pembaca setia menyumbangkan sejumlah uang. dari indonesia, malaysia, dan Brunei. Bahkan ada orang yang tak di kenal pun ikut menyumbang! Terkumpul lah dana hingga sepuluh juta rupiah lebih. dan saya pun bisa mencetak buku.

Jadi, apa pun permintaan kita ya harus bisa bernego.. ungkap kan kepada Allah.. apa tujuan kita sebalik permintaan itu? ada kah niat yang mulia dan demi kebaikan. jika ada.. InysaAllah, pasti Allah kabulkan. pandai-pandai lah dalam meminta.. bernego lah kepada Allah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar