Kamis, 16 Juni 2016

PUNCAK MAKRIFAT ADALAH TAKWA

PUNCAK MAKRIFAT ADALAH TAKWA

Kalau ngomong ilmu makrifat memang menarik, memang ini ilmu yang sangat di cari dan banyak di rahsiakan. Karna takut di anggap sesat bagi yang belum sepaham. Kalau benar, kenapa di rahasia kan ya? Al Allaj saja sampai di hukum mati, gara-gara menyampai kan ilmu nya. Berarti beliau juga tidak merahasiakannya..

Ketika belajar ilmu makrifat, banyak orang yang cepat puas dan bangga dengan ilmu yang di dapat. Apalagi kalau guru mursyid nya bisa menjelaskan pengalaman-pengalaman rohani nya..

Selalu yang di cari orang adalah pengalaman spritual nya. Nah, kalau sudah merasakan ini-itu, di sini menjadi takjub akan ilmu yang di dapat. Apalagi yang belajar kepada yang ada garis keturunan dari Rasulullah, merasa itulah mursyid yang bisa mengantarkan nya ke ALLAH, dan yang tiada garis keturunan dari Rasulullah akan di ragui keilmuan nya.

Belajar makrifat tetapi tidak takwa. Apakah itu makna makrifat..?

Saya telah zero, telah fana.. tetapi dalam perilaku nya tidak mencerminkan ke fana an nya. Ini belum makrifat namanya.. hanyalah bentuk pengakuan saja.

Kalau sudah benar-benar zero.. anda akan menjadi orang gila, kenapa gila..? Karna bukan pribadi anda lagi.. tetapi pribadi yang mengikuti Allah..

Jadi terserah Allah, ia mengkehendaki apa, jika ia mengkehendaki anda lembut anda pun akan lembut, jika anda mengkehendaki anda keras/tegas, anda pun akan keras. Begitulah Rasulullah, ada saat nya beliau bersikap lembut.. ada juga saat nya beliau berperang melawan kaum kafir.

Nah, jangan kaget.. jika anda telah zero.. anda akan bersikap beda, mungkin bagi yang tidak sepaham anda akan di bilang, angkuh, kasar.. tapi memang itulah sikap zero, bukan diri ini lagi.. hanya mengikuti kehendak Allah. Jika bertentangan dengan tauhid, anda tidak akan main-main dalam menyampaikan kebenaran. 

Jadi takwa itu, bukan hanya ibadah umum saja, tetapi mengikuti segala apa yang di perintah kan Allah terhadap diri ini. Ada dorongan dari dalam diri untuk melakukan sesuatu yang di kehendaki Allah.

Untuk apa belajar ilmu makrifat, jika hanya membahas teori saja? Tetapi tiada laku dalam kehidupan..

Ketika Allah berkehendak anda bersikap gila, kita malah bersikap waras (masih mikir), itu namanya cari aman.. masih ada ego. Apakah itu sikap makrifat?

Seorang makrifat itu ialah takwa.. ia benar-benar paham apa perintah-perintah Allah pada diri nya.. sungguh tak berdaya ia jika telah datang perintah Allah.. itulah zero sebenarnya. Dengan laku.. bukan sebatas teori saja.

Jadikan Allah itu mursyid sejati, bukan manusia.. jika berguru kepada manusia, ya hanya lah teori saja.. tidak akan mencapai takwa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar