Selasa, 14 Juni 2016

BERSERAH DIRI

AGAR HIDUP TENANG.. BERSERAH LAH..

Berserah..
Mungkin gampang di ucapkan, tetapi bagaimana mengaplikasikan dalam kehidupan ini..?

Ketika kita di beri masalah dan belum mendapatkan jalan keluar, pasti jiwa ini tergoncang. Dada sesak, takut, bingung, pikiran kusut mencari solusi dari pemecahan suatu masalah. Padahal sering terjadi, cuma kita nya saja yang tidak mengambil pelajaran.

Saya beri suatu contoh/gambaran,
Ada suatu keluarga yang sedang menghadapi suatu masalah keuangan. Suami nya menganggur, uang belanja makin menipis, sementara cicilan bulanan banyak yang belum di bayar.

Si istri, pun bingung karna ia yang mengelola keuangan dan uang itu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Sang istri pun mengadu kepada si suami, "bagaimana ya bang untuk menutupi kebutuhan kita?, keuangan kita makin menipis. Uang segini tidak cukup untuk memenuhi hidup kita?".

Suami yang baik adalah suami yang bisa membuat istri nya tenang, si suami pun menjawab, " jangan khawatir sayang, kamu tenang saja.. jangan banyak pikiran, nanti jadi sakit. Serahkan saja pada abang. Masalah itu menjadi tanggung jawab abang. Di jamin beres semuanya, tenang saja.." hehe.. dengan gaya yang meyakinkan si suami menenangkan istri nya.. padahal dia sendiri juga bingung, belum dapat solusi nya.

Si istri pun menjadi tenang dan sedikit lega.. walau masalah belum ada solusi, tetapi beban itu tidak lagi pada diri nya. Semua masalah telah di serahkan kepada si suami. Dan dia percaya( beriman) bahwa suami nya bisa mencari jalan keluar dari masalah mereka.

Sekarang beban itu pun menjadi beban si suami. Dengan tarikan asap rokok nya, si suami hanyut lebih dalam.. "memikirkan kemana ia harus mencari uang"? Hehe..

Semakin di pikir, semakin lah otak ini buntu. Pikiran kacau..
Gantian, si istri nya tenang.. sekarang giliran si suami yang sedikit stress! Karna beban itu telah di serahkan pada nya..

solusi belum di dapat. Si suami makin stress..
"Abang tidak makan?", tanya si istri.
"Tidak selera makan abang, solusi nya belum dapat juga". Jawab si suami sambil mengela nafas panjang. Hehe..

"Adik udah tenang sekarang, pokok nya abang bilang tadi, serahkan pada abang, Sekarang jadi beban abang. Hehe..". Itulah jawaban si istri dengan wajah tenang tanpa masalah.

Ternyata dengan senantiasa SADAR ALLAH si suami ini pun, menangkap pesan/ilham dari Allah. Hanya satu kata, 'serahkan..'!..

Ia pun kembali membakar rokok nya, ia masuk lebih dalam, di setiap irama nafas nya.. ia berkata-kata di dalam diri.

"Iya ya, setelah masalah itu di serahkan kepada ku, istri ku menjadi tenang. Ia benar-benar tenang tanpa masalah, karna ia percaya kan pada ku." Kata si suami di dalam hati.

"Aku pikirkan tiada juga jalan keluar, malah aku semakin pusing dan stress. Ya Allah.. ku serahkan semua masalah ini, pada mu. Ku percaya engkau yang mengurus dan mengatur jalan keluar nya. Karena aku tidak tahu lagi harus berbuat apa ya Allah..". Si suami pun menyerahkan segala beban nya kepada Allah. Apa pun yang terjadi nanti, ya terjadi lah.. dia telah siap dengan apa pun kehendak Allah.

Selang beberapa hari, Allah pun memberi jalan keluar yang tidak di sangka-sangka. Ada seorang sahabat yang membayar hutang, yang telah lama di pinjam nya. Allah menggerakkan sahabat itu untuk membayar hutang pada keluarga yang butuh uang ini. Benar-benar suatu keajaiban.

Alhamdulillah masalah mereka terselesaikan. Si istri pun bertanya kepada si suami, "abang bilang kemarin tenang saja.. emang nya abang sudah ada solusi nya ya? Abang yang menagih hutang pada sahabat abang itu?"

"Tidak, awalnya abang juga stress, memikirkan masalah kita. Ketika adik berkata, "adik tenang-tenang saja, kan abang bilang serahkan saja pada abang?". Abang pun melakukan hal yang sama, abang serahkan masalah kita kepada Allah, sedang kan adik percaya kepada abang saja adik menjadi tenang. Apalagi jika abang serahkan kepada Allah?
Abang pun menjadi tenang dan tidak stress memikirkan.. karna abang percaya Allah akan mengurus keperluan kita. Nyata nya Allah beri kita jalan keluar yang tidak di sangka-sangka.."

Dari kisah di atas, semoga bisa di ambil pelajaran, hadapi lah masalah dengan berserah kepada Allah, karna itu lebih membuat hidup kita tenang..
Dan percaya lah sepenuh nya jika telah berserah, semoga Allah beri jalan keluar dengan cara dan kuasa nya.. Aamiin..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar