Senin, 13 Juni 2016

Akhlak dan ilmu

AKHLAK SESEORANG ITU MENCERMINKAN KEILMUAN NYA

-Bodoh dan ingin belajar,
Seorang yang bodoh dan ingin belajar, ia bersikap lebih ikhlas. Ia akan banyak mendengar dan bertanya, karna benar-benar ingin tahu atau mempelajari.

-Bodoh dan jahil,
Seseorang ini, akan bertanya bukan karna ingin belajar. Tetapi suka berdebat dengan ilmu nya yang sedikit. Cepat bangga atas ilmu yang di dapat nya. Jika menemui orang seperti ini. Lebih baik diam kan saja, tiada guna meladeni nya. Manalah mungkin kita dapat membuat orang yang tuli dapat mendengar?
Apa pun yang kita katakan, ia tidak akan mendengar.. karna telah terhijab oleh ego diri nya sendiri.

-Berilmu dan banyak diam,
Seorang yang berilmu, akan banyak diam. Dia lebih bijak dalam menyikapi seseorang. Ketika bertemu dengan yang si bodoh, ia akan lebih sabar dalam menyikapi. Tidak cepat memvonis atau menghardik. Ia lebih banyak sabar..

-Berilmu tapi sombong.
Semakin berilmu semakin lah ia sombong dan penuh ego. Ia akan memandang rendah siapa saja. Karna merasa dialah yang lebih benar, lebih pintar. Orang seperti ini terlalu cepat menghakimi orang lain.

Jika berhadapan dengan orang yang berilmu tapi sombong, berserah saja kepada Allah. Jangan memakai ilmu kita, atau ego diri. Ketika kita berserah itu.. maka yang muncul ialah ego Allah, pada diri ini. Kita seperti mendapat kan ilmu laduni.. bisa mematahkan segala apa yang di sombongkan nya itu. Jadi sesungguhnya dia bukan melawan diri ini, tetapi dia melawan Allah pada diri ini. Allah koq di lawan..? Jika Allah telah mencintai hamba nya.. Maka Allah lah pelindung nya, lisan nya akan menjadi ucapan Allah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar