Rabu, 01 Juni 2016

JADI PENOLONG

 

JADI PENOLONG

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ  ؕ  اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.
[QS. Al-Baqarah: Ayat 153]

Bagaimana sabar dan sholat itu bisa menjadi penolong?
SABAR..
sabar ini sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang beriman. orang yang sabar ialah orang yang bisa meredam nafsu diri. Dan orang-orang yang tidak sabar ialah orang yang selalu memperturutkan nafsu nya. Sedangkan nafsu itu ialah selalu mengajak kepada keburukan dan membuat diri ini celaka.
Apa saja contoh nya? Ya banyak. orang yang tidak sabar itu selalu celaka. Makanya bersabar lah..

-orang yang tidak sabar hidup miskin, serba kekurangan. lantas ia mencuri, korupsi, jual narkoba, jadi begal/merampok.. ingin cepat kaya dengan cara singkat. Ketika tertangkap.. akhirnya masuk penjara,bahkan ada yang di hakimi massa. anak-istri jadi lebih terlantar karna tidak ternafkahi.. rumah tangga pun hancur. Itulah akibat tidak sabar..

-yang berdagang, tidak sabar karena dagangan nya tidak laris, akhirnya ke dukun, ke orang pintar, minta jimat penglaris agar dagangan nya laku keras. Akhirnya ia tidak sadar ia telah masuk ke lembah kemusyrikan. Itu lah akibat tidak sabar..

-untuk para istri, ada duit.. abang sayang, tidak ada duit abang di tendang. Hehe.. tidak sabar dengan keadaan, tidak sabar tiada uang, akhirnya ngomel melulu kepada suami nya. Suami pun jadi hilang kesabaran. Akhirnya tangan yang melayang. Wajah si istri pun jadi benjol-benjol. Hehe.. bahkan berapa nya suami yang korupsi itu karna memenuhi istri yang banyak menuntut.
Itulah akibat tidak sabar..

-ketika tidak cocok dengan seseorang terkadang pun jadi hilang kesabaran. Awal nya saling debat, lalu perang mulut, setelah itu saling pukul, bacok-bacokan.. bunuh-bunuhan. Itulah akibat tidak sabar..

Banyak lah contoh-contoh yang lain. Sabar itu ialah meredam nafsu. Karna ketika kita tidak bersabar maka kita akan terjerumus kepada nafsu, sehingga membuat kita celaka. Maka nya sabar itu bisa jadi penolong bagi diri ini. Ketika kita bersabar maka terhindar lah kita dari celaka..
Lantas bagaimana sholat itu bisa jadi penolong?
Ya.. sama dengan sabar tadi. Bisa menghindari kita dari celaka..

Tujuan sholat itu ialah dzikir (SADAR ALLAH). kan sering dengar kalimat," sholat itu mencegah perbuatan keji dan mungkar?". Tetapi mengapa banyak yang melakukan sholat, tetapi maksiat jalan juga? Itu sesungguhnya dia belum memahami sholat yang sebenarnya. 

Sholat itu harus mencapai IHSAN/SADAR ALLAH, yang yakin pertemuan dengan TUHAN nya. Itu lah makna Khusyu'. Jadi orang yang selalu mengerjakan sholat dengan khusyu, di luar sholat juga ia akan menemui ALLAH (IHSAN). sehingga ia akan terhidari dari perbuatan-perbuatan tercela.

-Mau mencuri.. ia sadari Allah melihat nya,  jadi takut lah dia. Sehingga tertolong lah dia dari celaka dan dosa..
-ketika emosi, ia sadari Allah melihat nya, akhirnya tidak jadi mukul istri. Coba dia pukul istri nya.. pasti jadi kasus KDRT. istri pun minta cerai, siapa yang rugi? Karena ia SADAR ALLAH, selamat lah dia dari celaka itu..

-ketika punya masalah, ia SADAR ALLAH, akhirnya ALLAH beri dia petunjuk-petunjuk dalam menyelesaikan masalah-masalah dalam hidup nya. Kan jadi tertolong..
Jadi sabar dan sholat itu sangat penting kita amalkan. isi Al quran, benar-benar janji Allah. Pahami makna sabar dan sholat yang sebenar, maka kita akan selalu mendapatkan pertolongan Allah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar