Rabu, 08 Februari 2017

SILAHTURAHMI

SILAHTURAHMI

Mungkin teman-teman semua sering mendengar sebuah Hadist yang berbunyi,
"“Barangsiapa yang ingin rizqinya diperluas dan umurnya ditambah, maka hendaklah ia menyambung silaturahmi.”

Apakah teman-teman semua telah membuktikan hadist ini?

Saya akan sedikit bagi-bagi cerita, yaitu begitu besar nya manfaat Silahturahmi jika kita memahami. Karna saya telah membuktikan nya.

Saya ini, sangat senang berteman Kepada siapa saja. Yang membuat saya itu tambah banyak teman ialah ketika saya semakin rajin menulis di Facebook.

Segala pengalaman hidup, saya tuangkan di dalam Facebook. Hari demi hari semakin banyak lah teman. Ketika berjumpa dengan dengan amalan dzikir nafas, silahturahmi saya pun lebih luas lagi. Yaitu belajar bersama di group Whatsapp.

Hari demi hari, semakin bertambah lah teman. baik yang satu pengajian, maupun teman-teman yang di luar pengajian.

Setelah bergabung di Group Whatsapp, semangat menulis itu lebih gila lagi dari sebelumnya. Saya pun menulis segala kisah di Facebook. Alhamdulillah.. tanpa di duga, banyak teman-teman yang menikmati tulisan demi tulisan.

Padahal saya menulis itu ya hanya sebagai sarana saya belajar kepada Allah. Karna itu yang di pesan kan guru saya, "menulis lah karna niat belajar, bukan mengajari!"

Semakin lama semakin banyak teman-teman yang menganggap saya ini seperti seorang yang bijak. Akhirnya mereka pun banyak yang bertanya dan berkonsultasi kepada saya tentang masalah hidup mereka. Ada yang memanggil saya dengan panggilan gus, ustad, kyai, macam-macam lah.

Saya pun risih dengan panggilan itu, karna saya merasa tidak pantas dengan kehormatan itu. Saya ini hanya seorang yang sedang belajar.

Setiap pertanyaan, saya jawab karna Allah. Setiap keluhan, saya support  mereka agar mendekat ke Allah. Seiring waktu semakin banyak lah teman. Ketika tulisan itu semakin banyak. Ada seorang teman yang bertanya, "Mas, apakah tidak ada niat ingin membuat buku? tulisan-tulisan mas Andy ini sangat di sayangkan jika tidak di buku kan."
Itulah komen seseorang di FB. Masih saya ingat pesan pak mario.

Awal nya saya ragu, tetapi ketika di dorong lagi oleh guru saya. Saya pun akhir nya nekad membuat buku. Ketika buku itu selesai banyak teman-teman di Whatsapp, yang bertanya tentang buku saya. "Buku nya sudah selesai belum Mas Andy?" Saya hanya bisa pasrah menjawab seada nya. "Buku sudah selesai pak, cuma untuk mencetak nya yang belum ada biaya nya!"

Tanpa di sangka-sangka, banyak teman-teman yang menyumbangkan sejumlah uang, baik dari indonesia maupun dari malaysia. Padahal saya hanya mengenal mereka di media sosial saja. Bahkan banyak yang saya tidak kenal. Berjumpa pun belum. Tetapi mereka dengan tulus memberi sejumlah uang untuk membantu mencetak buku saya.
Akhirnya buku itu pun tercetak tanpa saya mengeluarkan uang sepersen pun.

Ketika saya mengumumkan di FB, bahwa buku saya sedang proses percetakan, maka banyak lah teman-teman yang memesan buku itu. Padahal buku itu belum jadi. Tetapi mereka banyak sudah memesan duluan.

Setelah buku jadi, maka banyak pembaca setia tulisan saya pada membeli. Entah darimana saja.. pembeli datang setiap hari.

Itulah kekuatan Silahturahmi..
Mendatangkan Rezeki yang luas. Sungguh saya sangat bersyukur atas karunia Allah yang satu ini. Ketika saya menganggur tak bekerja lagi. Allah berikan Rezeki dari buku itu.

Jika di pikir-pikir.. siapa lah saya ini. Mengapa mereka mau menyumbang untuk buku saya? Mengapa mereka mau membeli buku saya. Padahal saya bukan penulis terkenal. Belajar menulis saja tidak pernah. Tetapi mengapa mereka tertarik membeli buku saya?

Itulah janji Allah. dengan bersilahturahmi akan di luaskan rezeki kita. Jadi, semua yang membeli buku saya itu.. saya rasa, mereka membeli, bukan karna buku saya itu bagus. Tetapi karna ada ikatan silahturahmi dengan saya.

Mereka sudah menyenangi saya, mereka mendapatkan kepuasan dengan berdiskusi bersama saya. Makanya mereka membeli buku itu.
Sehingga jadi mengalir lah rezeki Allah.

Jadi benar lah hadist itu, dengan bersilahturahmi akan di luaskan rezeki kita.

Makanya untuk teman-teman semua. Sambung lah silahturahmi dengan siapa saja. Jika ada yang bertanya, jawab lah sebaik-baik nya. Layani mereka karna Allah.

Siapa yang menggerakkan mereka bertanya kepada kita, jika bukan Allah?

Jangan sombong kepada orang lain, jangan acuh tak acuh kepada orang lain. Hidup lah bersosial. Sambung tali silahturahmi kepada siapa saja.

Jika kita baik kepada siapa saja.. maka kebaikan itu kan datang dari arah yang tak di sangka-sangka..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar