Kamis, 16 Februari 2017

APA MAKNA TAKBIR MU ITU?

APA MAKNA TAKBIR MU?

Saat ini sangat banyak orang yang tidak memahami makna "Takbir" yang sesungguhnya. Terkadang saya prihatin melihat nya, kalimah Takbir "Allah Hu Akbar" tidak di letak kan pada tempat yang semestinya.

Takbir itu ialah kalimah Tauhid, mengagungkan dan mengakui kebesaran Allah, keluasan kuasa Nya. jangan sampai kita salah memaknai Takbir..!
Takbir koq di pakai membuat kerusuhan, apakah itu yang di ajarkan islam? Di mana ada demo, ada unjuk rasa, pasti kalimah Takbir ini di kumandangkan. Bersorak, berteriak, seolah sebagai pembakar semangat pengunjuk Rasa.

Dan aneh nya yang mengajarkan Takbir untuk di teriakkan itu malah seorang ulama, sedikit-sedikit takbir, sedikit-sedikit takbir! Dan para pengikut yang tidak memahami makna Takbir pun ikut-ikut berteriak. Ini lah kesalahan yang tidak kita sadari.
Apa itu sedap di pandang, apa itu enak di dengar? Berteriak di jalan-jalan meresahkan ketentraman orang lain. Apa itu yang di ajarkan islam?

Kalau di lihat dari sejarah, dahulu para sahabat berkumandang takbir itu saat berperang berjihad melawan kaum kafir yang berjumlah sangat banyak. Dan kaum muslim yang sangat sedikit jumlah nya, mereka pun bertakbir mengagungkan kuasa Allah. Mereka meyakini, walau jumlah mereka sedikit pasti akan menang melawan kafir, karna mereka bersama Allah. Pasti ada pertolongan Allah. Itu lah makna takbir yang sesungguhnya.

Kalau sekarang, malah ego yang di ke depankan, kaum muslim berjumlah banyak, tetapi bertakbir mengedepankan ego nya, kesombongan nya. Entah siapa musuh nya, berteriak-teriak di jalan meresahkan orang lain. Dan sangat sedikit yang Sadar Allah ketika meneriakkan takbir itu.
Takbir dikumandangkan bukan untuk mengakui keagungan Allah. Tetapi sebagai pembakar emosi untuk berunjuk rasa. Sehingga islam itu menjadi arogan. Apa itu yang Allah inginkan?

Orang berkata takbir itu, merendah diri di hadapan Allah, mengakui ketidak berdayaan nya di hadapan Allah, dan hanya mengagungkan kuasa Allah saja. "Tanpa pertolongan MU kami bisa apa ya Allah?" Itu lah takbir yang sesungguhnya. Bukan nya arogan menunjukkan kekuatan muslim yang berjumlah banyak, itu ego namanya.

Islam itu agama damai, agama selamat. Jika orang tak merasa damai, tak merasa selamat, di dekat mu. Jangan kau mengaku orang islam. Itu sama saja seperti kaum jahiliyah.
Hari penghisaban nanti kita akan di hisab sendiri, syurga atau neraka, juga akan kita rasakan sendiri. Jadi, jangan lah suka ikut-ikutan.. tanyalah diri mu sendiri, apa makna takbir mu itu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar