Minggu, 25 Desember 2016

BELAJAR ATAU MENGAJARI ?

Belajar dengan mengajari itu beda tipis. sangat halus..

ketika kita menyampaikan suatu pemahaman karna belajar, di sini ilmu Allah akan mengalir tiada habis-habis nya.

Dan ketika kita menyampaikan sesuatu pemahaman karna mengajari, di sini keakuan akan muncul, ego pun akan semakin kuat. tidak sedikit jika sudah banyak yang bertanya, banyak yang berguru, ego merasa guru itu akan Muncul.

jika tidak cepat-cepat di sadari kita terlena akan ilmu yang di miliki. tanpa Sadar menjadi hijab kepada Allah.

Apa saja ego seseorang yang merasa guru?,
Dia mau nya menang sendiri, karna sudah merasa pintar, merasa berilmu, merasa paling benar. dan sangat meremehkan orang-orang yang belum berilmu.

apa-apa yang di sampaikan nya tidak lagi murni, karna telah bercampur dengan keakuan diri. ini yang banyak tidak kita sadari.

orang yang Sadar Allah ialah orang yang zero, orang yang tak merasa memiliki apa-apa. bahkan ilmu pun tak di akui milik nya, semua itu dari Allah. sehingga apa-apa yang di sampaikan nya karna Allah, bukan karna diri nya.

tak kan lagi dia berani mengaku berilmu jika telah Sadar Allah, karna ketika dia Sadar Allah, fana lah diri nya.. yang ADA hanya Allah.

jadi, selalu lah Sadar Allah dalam setiap gerak hidup ini. apa-apa yang kita sampaikan karna niat belajar, atau mengajari?

jika karna belajar, sungguh kita tanpa beban jika di kritik orang. tetapi jika sudah niat nya mengajari, semakin kuat lah ego diri. merasa benar dan mau nya menang sendiri. tiada manfaat lah ilmu yang di miliki..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar