Jumat, 02 Desember 2016

JANGAN SOMBONG

JANGAN SOMBONG

Allah SWT berfirman:

وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِى الْاَرْضِ مَرَحًا    ؕ  اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُوْرٍ
"Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri."
(QS. Luqman: Ayat 18)

"Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia(karna sombong)." Mau apa pun agama nya, walau tak punya agama sekalipun, mereka adalah manusia. Dan kita sebagai umat muslim sangat di larang berlaku sombong kepada semua manusia.

Jangan kan kepada yang selain islam. Kepada yang Sesama umat islam saja kita masih sering sombong karna keislaman kita. Merasa benar, merasa beriman, merasa paling lurus jalan nya.

Beragama islam koq ego? Aneh ya..?
Seberapa takwa nya kita, seberapa tinggi nya ilmu kita, seberapa kuat nya ibadah kita.. jangan pernah sombong! Kayak sudah dapat jaminan surga saja?

Sementang-mentang muslim menganggap hina yang non muslim. Sementang-mentang berilmu, terlalu cepat mengkafir-kafirkan. Apa ini yang di ajarkan islam.

Kalau ada yang berlaku sombong kepada yang non muslim, berarti dia belum mematuhi perintah Allah pada ayat di atas. Walau ilmu agama nya sangat tinggi, ya tiada guna.

Tunjukkan pada dunia, islam itu berbudi luhur. Islam tidak pernah mengajarkan kesombongan. Walau apa pun agama mereka, walau tiada agama sekalipun. Mereka manusia. Dan kita di larang berlaku sombong kepada sesama manusia. Jangan pernah bangga dengan keislaman kita. Karna Allah lah sebaik-baik nya Hakim. Dia yang lebih tahu mana yang lurus dan mana yang tersesat jalan nya.
Jangan kita semakin ego dan terlalu cepat menghakimi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar