Jumat, 15 April 2016

SEDEKAH KITA ITU, UNTUK SIAPA?

Sedekah itu ialah bentuk rasa syukur kepada ALLAH. Bukan karna sesuatu maksud tertentu.
Ketika kita sholat jumaat tadi kita menyiapkan uang untuk kotak infak karna apa?
Banyak kita tidak menyadari, memasukkan sejumlah uang ke kotak infak pada saat sholat jumaat seperti suatu kewajiban dan kebiasaan.

Ternyata nafsu itu sungguh halus dan sangat pandai menutupi dalam bentuk kebaikan.
Hati itu selalu di bisiki oleh nafsu, apakah kita menyadari nya?
Ketika hendak ke mesjid nafsu berbisik, " apakah kamu tidak malu, jika kotak infak berjalan di hadapan mu dan kamu tidak bersedekah atau memasukkan uang ke kotak itu?".

Akhirnya kita pun bersedekah karna malu di lihat orang yang duduk di kiri-kanan, "semua orang bersedekah, saya malu jika tidak bersedekah". Berarti sedekah kita itu Bukan lagi karna ALLAH, tetapi karna diri (EGO/gengsi).

Kesan nya memang sepele dan sering terjadi. Apalagi jika berlomba-lomba bersedekah yang banyak agar terlihat dermawan. Itu sama saja pemborosan dan tidak bernilai ikhlas, karna sedekah nya itu bukan karna ALLAH.

ALLAH itu tidak melihat jumlah nya, tetapi melihat keikhlasan kita..
Jika kita mampu memberi yang berjumlah banyak, tetapi malah memberi dengan jumlah yang sedikit itu juga EGO..

Jika kita tidak mampu memberi banyak, tetapi memaksa diri untuk memberi lebih.. itu juga EGO. Karna malu jika memberi sedikit, malu di lihat orang lain sedekah nya koq sedikit?
Ketika kotak infak tepat di hadapan, banyak yang berinfak itu menutupi uang itu dengan kedua tangan nya. Ada 2 kemungkinan..
- bisa jadi.. yang berinfak dengan jumlah yang banyak menutupi, karna tidak ingin riya'.. tidak ingin keikhlasan nya di ketahui orang lain.
- ataukah bisa jadi.. yang berinfak dengan jumlah yang sedikit, menutupi nya, karna malu pada tetangga yang duduk di kiri-kanan nya. Jika sudah begini, dimana kah letak keikhlasan itu?

Bersedekah lah mengikuti kehendak ALLAH, bukan mengikuti kehendak diri(EGO).
Karna keihlasan itu ialah untuk ALLAH.. bukan untuk diri atau apa pun..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar