Jumat, 10 November 2017

SOK MAKRIFAT

Maaf, ini kopi nya masih panas. jadi,minum nya pelan-pelan ya.. agar tidak terbakar tuh bibir..! 🙂🙏✌

SOK MAKRIFAT

Ciri-ciri orang yang sok/berlagak makrifat ialah selalu memakai bahasa langit. gimana tuh bahasa langit? kata-kata nya itu tinggi banget. tak tahu tinggi nya entah langit ke berapa. pokok nya tinggi deh! kita sampai tak paham apa yang di katakan nya. hehe..

sangat banyak di FB ini atau media sosial lain nya.. ia kan menulis sesuatu yang penuh kiasan dan perumpamaan. ketika kita membaca tulisan nya, pasti kita bertanya-tanya.. " ini makna nya apa ya?"

mungkin sebahagian orang akan bertanya langsung kepada si penulis status," pak, makna tulisan itu apa?"

orang yang sok makrifat ini pasti bangga di dalam hati nya. "jika tak paham tulisan saya, berarti ilmu ente belum sampai.. ngaji lagi deh! hehe.. "

Tujuan ia menulis kata-kata langit itu bukan memberi manfaat, tetapi hanya untuk ngetes keilmuan saja. ketika ada yang bertanya, mana mau ia menjelaskan nya. itulah orang yang sok makrifat. menulis hanya untuk membanggakan keilmuan saja. biar dia kelihatan pintar. " ilmu tinggi nih, yang lain kagak paham semua!" hehe

Jika kita ingin memberi manfaat, jangan mempersulit orang lain. jangan seperti main tebak-tebak kan. pusing orang mikir nya. " ini makna nya apa ya..?"

Jika kita lebih paham dan dewasa, berilah makanan itu di kupas dahulu. jangan memberi durian kepada anak kecil tanpa di kupas kulit nya. macam mana si anak bisa merasakan nikmat nya durian, justru dapat melukai si anak?

ini adalah katogori orang jahil.. semakin berilmu. semakin sombong akan keilmuan nya. Bukan nya memberi manfaat dan mendidik, tetapi malah membuat orang lain terjebak pada prasangka-prasangka.

Jika kita menjumpai orang yang seperti itu.. jangan bertanya pada nya. nanti tambah besar kepala dia! abaikan saja..

itu bukan seorang makrifat, tetapi hanya sok makrifat.. biar kelihatan pintar nya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar