Rabu, 01 November 2017

ADAB

ADAB

Adab atau beradab ini banyak sekali orang yang tidak memahami. Jadi akan saya jelaskan sesuai pemahaman saya.

Harus kita pahami di manakah letak adab itu sesungguhnya. Adab.. itu adalah sebuah kewajiban.. bukan sebuah hak..!

Saya ulangi.. adab ialah kewajiban, bukan sebuah hak.

Di sini banyak orang yang menjadi terbalik-balik.. adab di letakkan sebagai hak. Sehingga banyak orang yang menuntut hak nya itu..!

Contohnya adab kepada orang tua..
Anak harus beradab kepada orang tua, harus sopan, harus berbakti. Dan ini banyak di anggap oleh orang tua ialah hak orang tua. Sehingga ketika si anak tiada adab.. si orang tua marah. Anak pun di kutuk-kutuk.

Masih enak jika kutukan nya itu jadi orang kaya, ini malah ada yang di kutuk jadi batu pula. Hehe..

Begitu pula beradab kepada guru.. itu adalah kewajiban seorang murid. Tetapi bukan menjadi suatu hak bagi guru. Karna jika kita menganggap hak guru, wajar saja banyak guru yang marah dan kecewa ketika si murid tiada beradab.

Di sini menjadi sebuah keegoan. "Sudah saya ajarkan, saya didik, sudah jadi orang.. lupa pula dengan saya!" Yang begini-gini.. itu namanya menuntut hak..! Padahal itu bukan hak.. banyak yang tidak memahami ini..

Kecewa, marah, merasa di durhakai, itu semua ego.. tapi banyak yang tidak sadar!

Jika kita sebagai anak atau murid.. tunaikan kewajiban kita.. beradab lah kepada orang tua atau guru..

Jika kita sebagai orang tua atau guru.. beradab itu bukan hak mu.. jangan kau tuntut-tuntut..!

Sehingga tiada lah engkau marah dan kecewa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar