Jumat, 21 Juli 2017

MAHA MENSYUKURI

MAHA MENSYUKURI

Allah SWT berfirman:

ذٰ لِكَ الَّذِيْ يُبَشِّرُ اللّٰهُ عِبَادَهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ ۗ  قُلْ لَّاۤ اَسْئَـــلُـكُمْ عَلَيْهِ اَجْرًا اِلَّا الْمَوَدَّةَ فِى الْقُرْبٰى ۗ  وَمَنْ يَّقْتَرِفْ حَسَنَةً نَّزِدْ لَهٗ فِيْهَا حُسْنًا   ۗ  اِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ شَكُوْرٌ
zaalikallazii yubasysyirullohu 'ibaadahullaziina aamanuu wa 'amilush-shoolihaat, qul laaa as`alukum 'alaihi ajron illal-mawaddata fil-qurbaa, wa may yaqtarif hasanatan nazid lahuu fiihaa husnaa, innalloha ghofuurun syakuur

"Itulah (karunia) yang diberitahukan Allah untuk menggembirakan hamba-hamba-Nya yang beriman dan mengerjakan kebajikan. Katakanlah (Muhammad), Aku tidak meminta kepadamu sesuatu imbalan pun atas seruanku kecuali kasih sayang dalam kekeluargaan. Dan barang siapa mengerjakan kebaikan akan Kami tambahkan kebaikan baginya. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Mensyukuri."
(QS. Asy-Syura 42: Ayat 23)

Ketika saya membaca surat di atas, tertangkap lah dua kata yaitu, "Maha Mensyukuri..!" dan cepat-cepat lah saya menuliskan nya. apa sih makna maha mensyukuri ini..? Kesadaran tersambung kepada Allah, dan saya terdiam mendengar kan segala kalam Nya.

Sungguh mulia nya Allah penguasa langit dan bumi, DIA pun bersyukur atas perbuatan hamba-hamba nya. jika di gandengkan dengan kata " Maha".. tak terbayangkan lah seperti apa besar rasa syukur Allah..

Jadi gambaran nya seperti ini,
Semua orang pasti lah ingin di perlakukan dengan baik. siapa pun itu. walau penjahat sekalipun.. pasti dia tidak mau di perlakukan tidak baik.

contoh nya, ketika orang berbuat baik kepada kita.. apa yang akan kita lalukan, bagaimana sikap kita? tentu lah kita berterima kasih dan menyenangi orang itu. Jika hati sudah senang, apa sih yang tidak kita kasih? pastilah kita kan membalas kebaikan nya itu dengan yang lebih baik lagi.

Ini bersyukur terhadap manusia.. bagaimana syukur nya Allah? sungguh tak terbayang lah gimana luas nya. karna kata " maha" ialah tak terjangkau oleh angan dan pikiran kita. sungguh tak terhingga.

Dan Allah katakan, "Dan barang siapa mengerjakan kebaikan akan Kami tambahkan kebaikan baginya." Lantas "Kebaikan" yang bagaimana yang Allah maksud kan di ayat tersebut?

Kebaikan yang di maksudkan Allah itu adalah, segala sesuatu yang kita lakukan karna rasa syukur kita kepada Allah. bukan karna yang selain Allah..!

Jika bersedekah, ya bersedekah lah karna rasa syukur, " semua rezeki dan harta ku ini dari MU ya Allah, dan aku bersedekah juga karna rasa syukur ku kepada MU!" Bukan karna mengharap kan kelipatan faedah sedekah.. ini bukan lagi karna rasa syukur nama nya..!

Jika di beri ilmu, sampaikan lah ilmu itu sebagai rasa syukur, bukan karna ingin jadi guru, ingin di hormati, ingin jadi kyai.. biar banyak pengikut nya. itu nama nya bukan lagi karna Allah.

Dan banyak lagi contoh yang lain.. Rajin berbuat baik, rajin sholat, rajin dzikir, rajin ngaji.. tetapi biar di anggap orang taat ibadah. ujung-ujung nya apa? diri semakin sombong dan merasa suci.

Jadi, jika ingin hidup ini bahagia, senang, tenang.. banyak-banyak lah bersyukur kepada Allah. Jika hidup kita selalu susah, bisa jadi tiada pernah kita mensyukuri pemberian Allah. Di kasih penyakit kita mengeluh, di sempitkan rezeki.. tiada uang lebih mengeluh. ketika segala kenyataan tak sesuai harapan, kita rasa nya mau mati! dimana rasa syukur itu..?

Berarti kita telah menghina ketetapan Allah, mau nya yang enak-enak saja. ketika di beri yang tak enak.. diri berontak kepada Allah.

Coba lah di syukuri, itulah kebaikan yang Allah maksudkan pada ayat di atas. ketika kita sudah berbuat baik.. bersyukur. maka Allah lebih lagi bersyukur atas perbuatan kita. dan di tambahkan lah kebaikan demi kebaikan. walau tiada uang.. hati tenang. walau penyakit tak kunjung sembuh.. hati tenang. walau tak punya ini, tak punya itu.. hati ini selalu merasa cukup.

Jika ingin lancar rezeki, hidup ini bahagia, tenang, dan banyak kebaikan-kebaikan.. bersyukurlah dahulu kepada Allah. Karna Allah itu maha mensyukuri, sungguh tak terhingga lah jika Allah sudah bersyukur kepada hamba-hamba nya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar