Minggu, 30 Juli 2017

GELAR ITU ADALAH HIJAB/PENGHALANG

GELAR ITU ADALAH HIJAB/PENGHALANG

Bagaimana kah perasaan anda ketika di panggil dengan suatu gelar tertentu? Ustad, Kyai, Guru.. dll..

Mungkin di saat wawasan kita semakin luas, ilmu semakin banyak, orang kan menghormati kita dengan gelar-gelar tertentu. tidak salah sih, jika kita menghormati orang yang berilmu dengan gelar-gelar terhormat tertentu.

Cuma di sini banyak yang tidak menyadari bahwa gelar-gelar itu adalah sekat atau dinding pembatas! Akhirnya kita merasa lebih tinggi daripada orang lain. keakuan merasa guru ini akan menebalkan ke egoan diri kita.

Merasa Pintar..
Merasa paling tahu..
Merasa harus di dengarkan..
Merasa harus di ikuti..
sangat banyak orang yang menyandang gelar, terlena oleh kehormatan nya.

Jadi, untuk teman-teman yang belajar dari saya, selalu mengikuti tulisan-tulisan saya. anggap lah saya ini teman atau sahabat.. jangan guru! karna itu bisa menjadi sekat atau pembatas. Antara guru dan murid pasti punya pemisah.. mana bisa kita blak-blakan, pasti ada rasa segan dan sungkan. tetapi jika sesama sahabat.. ini akan membuat kita lebih akrab, dan lebih dekat.

Makanya saya itu tidak pernah mau di panggil guru.. gelar itu adalah beban bagi diri saya. untuk apa lah sebuah gelar, jika diri ini semakin besar kepala? gelar-gelar itu adalah bentuk ujian Allah sebenarnya.. jika kita benar-benar mau menyadari.

Jadi kalau ada teman-teman yang masih memanggil saya dengan gelar guru, berarti anda sendiri yang membuat dinding pemisah. pasti anda tidak akan dekat dengan saya. Pasti ada jarak.

tetapi jika anda menganggap saya sahabat, teman seperjalanan, maka ikatan bathin itu akan semakin kuat. apa yang saya dapatkan dari Allah, anda pun pasti dapat.

Jadi, untuk yang lebih muda atau seumuran.. panggil saja bang Andy, untuk yang lebih tua.. panggil saja Andy..justru itu kita lebih dekat dan akrab. karna saya tidak butuh gelar dari manusia.. karna saya tidak tahu dimana kah posisi saya di hadapan Allah?

Karna mulia di hadapan manusia, belum tentu mulia di hadapan Allah..!

Jadi mohon, jangan bebani saya dengan gelar-gelar yang dapat membutakan hati saya.. panggil saja bang Andy..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar