Senin, 24 Juli 2017

DN LEVEL 4

DN LEVEL 4

"Tadi saya lihat Blog abang.. penasaran sama DN level 4, seperti apa ya?"

Jawab,
Apa sih yang kita pikirkan ketika mendengar kata "Level"..?
pasti banyak yang menganggap makna nya ialah tingkatan atau maqom-maqom tertentu. sebenar nya bukan itu yang di maksud dengan "level" dalam Dzikir Nafas.

Level yang di maksud ialah step by Step atau langkah demi langkah. sama seperti kita mengendarai mobil..
Langkah pertama, Hidup kan mesin..
Langkah kedua, Lepas Rem tangan..
langkah ketiga, tekan gas, lalu jalan..
Dan begitu lah seterus nya..

Begitu pula lah dalam berdzikir nafas.. ada step by step nya..
karna sangat banyak teman-teman yang menganggap bahwa level 4 ialah level tertinggi, sehingga di cari-cari..

Di sini banyak teman-teman yang merasa gagal..
"jangan kan level 4, level 3 saja saya belum paham, bisa nya cuma di level 1 dan 2 saja bang!"

itu ya akibat kita sendiri, mengapa membatasi diri dengan level atau maqom-maqom? Akhirnya banyak yang merasa gagal, karna salah tafsir.

Mengapa Level 1 sampai 3 koq di jelaskan, sementara level 4 tiada penjabaran? Sehingga banyak orang yang penasaran dan mencari-cari.. seperti apa level 4 itu?

Jadi, rubah dahulu pola pikir atau mindset kita. bahwa level dalam DN itu bukan lah maqom atau tingkat-tingkat tertentu. sehingga tidak menghijab diri. Level itu hanya lah langkah demi langkah, atau step by step.

Mengapa Level 4 tidak pernah di jelaskan?
karna itu ialah wilayah fana atau penyaksian diri. jadi memang lah tidak bisa di jelaskan oleh siapa pun. tetapi akan di fahami apabila kita telah mengalami sendiri.

Contoh nya saja Kopi, siapakah yang bisa menjabarkan rasa nya kopi? ya tiada yang bisa menjabarkan, kecuali kita minum sendiri.. barulah kita kan paham rasa nya kopi.

Begitu pula Level 4.. wilayah fana hanya bisa di rasa, memang lah tak bisa di jelaskan dengan kata-kata. itu semua kan kita pahami, apabila telah mengalami sendiri.

jadi sungguh-sungguh lah istiqomah berdzikir nafas.. level 4 tidak usah di cari-cari, jika kita sudah terlatih dan istiqomah.. nanti Allah sendiri yang memberikan kepahaman.

Jika belum mengamalkan tetapi sudah bertanya tentang Level 4, ya jangan marah jika saya hanya menjawab, "Lanjutkan saja DN nya..!" karna itulah yang di ajarkan guru saya dahulu. memang lah tak bisa di jelaskan. kalau berhenti, ya tak akan paham. tetapi jika sungguh-sungguh melanjutkan.. pasti lah Allah berikan kepahaman..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar