Minggu, 12 Maret 2017

TOPENG

TOPENG

Ada seorang sahabat yang bertanya, "Bang Andy, setiap saya menonton video-video Bang Andy di Youtube mengapa anda memakai baju yang sangat sederhana? Tiada pakai peci dan baju koko, tiada menunjukkan Bahwa anda seorang Ahli agama. Apa pesan di sebalik itu?

Ini pertanyaan menarik, dan semoga jawaban saya ini bisa menyadarkan orang-orang yang masih suka memakai topeng.

Setiap saya merekam video-video yang di youtube itu adalah spontanitas, tiada di rencana kan, dan tiada tujuan lain selain daripada mengikuti kehendak Allah. Ketika saya sedang duduk santai di teras rumah, tiba-tiba ada dorongan dari Allah. "Buat lah rekaman video, lalu sampaikanlah apa yang harus kamu sampaikan!" Dan saya pun merekam saat itu juga.

Jadi, itulah apa ada nya saya.. yang penting isi yang saya sampaikan, bukan topeng yang mengelabui orang. Karna saya tidak suka memakai topeng. Jika saya sebelum merekam video lantas saya berpenampilan menarik dahulu, entah pakai peci, pakai sorban, atau memakai jubah biar kelihatan Ahli agama, biar kelihatan ustad atau kyai.. itu sudah jelas topeng. Karna itu bukan diri saya yang sebenarnya. Karna saya ini bukan ustad apalagi kyai.

Lantas sahabat itu pun kembali bertanya, "Bagaimana orang lain akan mengikuti ucapan Bang Andy, jika penampilan nya saja tidak meyakinkan?"

Itulah kita, banyak yang tertipu dengan kulit yang di luar nya saja. Zaman sekarang ini, zaman edan(gila). Ahli agama dan Ahli perdukunan sulit di bedakan. yang mengajak lurus dan yang menyesatkan pun sulit di bedakan. Sudah banyak dukun yang bertopengkan kyai. Sudah banyak yang menyesatkan, seolah mengajarkan kelurusan. Penampilan kyai.. tetapi mengajarkan kesaktian. Macam-macam lah..

Memang dunia sudah terbalik-balik sekarang. Dan itu pula yang banyak di ikuti orang. Karna apa? Tertipu topeng nya. Jika sudah paham agama sedikit saja, langsung berjubah. Akhirnya apa? Timbullah ke egoan. Jadi gila hormat, dan merasa paling benar, paling suci.

Jadi jangan melihat penampilan, pasti kita tertipu. Mengapa penampilan saya begitu? Yang memang begitu lah saya, bukan saya buat-buat. Itu lah apa ada nya saya. Setidak nya saya tidak menipu orang di Sebalik topeng. Mau di dengar ya syukur, berarti itu rezeki orang yang mau mendengarkan. Jika ada yang tidak yakin pada apa yang saya sampaikan karna penampilan saya, ya berarti belum rezeki orang itu.

Jadi lihat lah apa yang di sampaikan, jangan melihat penampilan. Karna kita bisa saja tertipu oleh topeng nya..

Hati-hati lah.. Allah maha mengetahui apa yang kau tampakkan(Dzohir), dan Allah mengetahui apa yang kau sembunyikan(Bathin). Semua itu akan di minta pertanggung jawaban kelak. Jadi lepas lah topeng mu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar