Kamis, 09 Maret 2017

SPIRITUAL

SPIRITUAL

Ketika saya mengiklan kan Buku saya di berbagai media sosial. Saya berkata, "Bagi Anda pencinta spiritual Buku ini wajib Anda miliki."

Berbagai komentar yang muncul dari para pembaca, "ujung-ujung nya pasti klenik, perdukunan, kesaktian.."

Seolah tanggapan mereka itu saya ini mengajarkan kesesatan. Hehe.. Tetapi saya hanya diam tak menjawab.

Saya tidak bisa menyalahkan, karna begitu lah kita jika tidak memiliki ilmu. Akan berprasangka dan berprasangka.

Arti spiritual itu ialah sesuatu yang berhubungan dengan jiwa atau rohani. Dan berspiritual itu ada 2 macam. Ada yang ke Allah dan ada yang bukan ke Allah.

Dan masyarakat kita sekarang ini memang lebih banyak berspiritual kepada yang bukan ke Allah. Seperti perdukunan, dunia jin, klenik, ramalan, dan kesaktian. Ini memang lumrah kata-kata spiritual selalu di kaitkan.

Tetapi jangan salah, di dalam agama islam itu kita di wajib kan menghubungkan rohani/jiwa atau berspiritual kepada Allah. Tanpa berspiritual tiada makna lah ibadah kita.

Seperti sholat dan dzikir. Ketika sholat saja kita itu di wajib kan berniat dahulu. Nah, niat sholat itu kan spiritual? Ketika berniat saja, kita harus menyambungkan dahulu kesadaran atau rohani kita kepada Allah yang akan kita sembah di dalam sholat.

Seperti ayat berikut,
Allah SWT berfirman:
اِنِّيْ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ حَنِيْفًا وَّمَاۤ  اَنَاۡ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ
"Aku hadapkan wajahku kepada (Allah) yang menciptakan langit dan bumi dengan penuh kepasrahan (mengikuti) agama yang benar, dan aku bukanlah termasuk orang-orang musyrik."
(QS. Al-An'am: Ayat 79). Itu wajah yang mana yang kita hadapkan kepada Allah? Itu lah spiritual, menyambungkan kesadaran rohani/jiwa kita kepada Allah.

Jika dalam berniat sholat saja tiada berspritual, bagaimana sholat itu akan khusyu'? Itulah kelemahan kita yang tak mau belajar spiritual kepada Allah.

Sholat tiada makna, hanya nunggang-nungging saja. Dzikir pun tiada makna, hanya sebatas sebutan saja. Apa beda nya seperti burung beo?

Apakah umat islam ini wajib belajar spiritual? Ya sangat wajib. Tanpa berspiritual kepada Allah, sama saja kita itu seperti bangkai yang berjalan. Hanya sebatas melakukan ibadah jasad, tetapi tiada ibadah Rohani. Karna tiada berspiritual kepada Allah.

Jadi, jangan alergi dengan kata "spiritual.." ! Semoga paham lah makna spiritual yang saya maksudkan. Tanpa berspiritual kepada Allah tiada makna lah ibadah itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar