Sabtu, 18 Maret 2017

PERTANYAAN BERAT

PERTANYAAN BERAT

Apa bedanya sholat, ibadah, dan sembahyang...pak...?
Kami masih bingung hal itu...mohon wejanganya biar terasa mantab he.he...

Agus cikarang.

=============================

Waduh pertanyaan berat nih pak Agus, hehe..
Apa yang harus ku jawab ya Allah?

Jujur saja, sebenarnya saya juga banyak kurang pengetahuan. Masih harus banyak belajar. Baiklah, saya coba jawab sebatas apa yang saya tahu ya..

SHOLAT,
Di Al Quran Allah SWT berfirman:

فَاِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلٰوةَ فَاذْكُرُوا اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِكُمْ   ۚ  فَاِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ   ۚ  اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا
"Selanjutnya, apabila kamu telah menyelesaikan sholat(mu), ingatlah Allah ketika kamu berdiri, pada waktu duduk, dan ketika berbaring. Kemudian, apabila kamu telah merasa aman, maka laksanakanlah sholat itu (sebagaimana biasa). Sungguh, sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman." (QS. An-Nisa': Ayat 103)

jadi, makna sholat ialah.. ritual ke agamaan dalam berdoa dan berinteraksi dengan Allah. Tetapi sholat itu ialah ritual yang di tentukan waktu nya. Jadi ada aturan nya. Kalau sholat magrib itu di tentukan waktu magrib 3 rakaat, ya tidak boleh sholat magrib kita lakukan di pagi hari 3 rakaat. Jadi ada waktu-waktu nya yang khusus.

Jadi kalau ada seorang yang mengaku makrifat atau mengenal Allah, lantas ia mengatakan tidak perlu sholat lagi karna sudah bisa sholat setiap waktu. Itu orang yang salah kaprah. Karna ia meninggalkan sholat yang sudah di tentukan waktu-waktu nya.

IBADAH,
Makna ibadah yaitu suatu perbuatan yang di dasari oleh aturan Tuhan. Jika kita orang islam, ya harus sesuai perintah Allah. Karna Tuhan kita Allah. Sholat, Dzikir, puasa, mengaji, bersedekah, berbuat baik, meninggalkan perbuatan keji dan tercela.. dll. Jadi makna ibadah lebih luas.

SEMBAHYANG,
Makna sembahyang ini ialah ritual  doa dan berinteraksi kepada apa yang kita Sembah..

Jika orang islam, bisa juga di katakan sholat. Dan setiap agama pasti mempunyai tempat khusus, untuk bersembahyang. Cuma ada beda nya antara sholat dan sembahyang.

Beda nya ialah, yang di katakan sholat itu hanyalah untuk orang islam. Sedangkan sembahyang, bisa untuk siapa saja.

Jika seseorang itu menyembah roh leluhur, jin, khodam, atau dewa-dewa, itu juga bisa di katakan sembahyang. Contoh nya orang yang menyembah jin, pasti ia akan melakukan suatu ritual yang sesuai dengan aturan si Jin itu. Mungkin menyediakan sesajian, membakar dupa atau ritual-ritual lain nya. Itu sudah di katakan bersembahyang. Karna yang dia sembah jin.

Saya pernah melihat orang China mungkin beragama budha, ini kisah nyata. Ketika magrib, ia membakar dupa di perempatan lampu merah. Dan menyembah-menyembah ke segala 4 penjuru. Bagi saya, dia itu sedang melakukan sembahyang kepada Tuhan atau dewa-dewa nya. Tetapi kan tidak selama nya dia sembahyang nya itu di lampu merah..

Jadi beda sembahyang dan sholat itu ialah Sholat di tentukan waktu nya dan hanya untuk orang islam, sedangkan sembahyang bisa untuk agama apa saja, bahkan untuk Tuhan yang mana saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar