Senin, 13 Maret 2017

MELATIH KESABARAN

MELATIH KESABARAN

Ini ada tips agar kita itu bisa melatih kesabaran. Semoga bisa di amalkan oleh teman-teman semua.

Kita latih dahulu di dalam keluarga. Makanya Sadar Allah jangan pernah lepas. Sebagai suami atau seorang ayah. Kita pasti menginginkan anak istri kita juga semakin bertakwa kepada Allah. Ketika anak-istri jauh dari Allah, tidak mau melaksanakan sholat, bagaimana kah sikap kita? Apakah marah dan memukul anak yang tidak mau di nasehati?

Harus di ingat hanya Allah yang bisa memberi Hidayah, bukan manusia. Ketika anak tak mau mendengar Nasehat dan kita marah, berarti telah timbullah ke egoan kita.

Sangat banyak orang tua yang marah ketika nasehat nya tak mau di dengarkan sehingga memukul anak. Ini adalah suatu kesalahan. Karna kita menasehati dengan Ego. Bagi orang yang Sadar Allah ia akan bersandar kepada Allah dalam menasehati, sehingga lebur lah ego diri nya. Jadi, ucapan yang keluar itu ialah ucapan Allah. Bukan lagi dari diri kita.

Jadi sambung terus kesadaran ke Allah tanpa putus, jika kita pahami yang memberi hidayah itu hanya Allah, yang bisa merubah anak-istri kita hanya Allah.. maka pasti lah kita kan bersabar.

Seperti ayat berikut,
Allah SWT berfirman:

وَاعْلَمُوْۤا اَنَّمَاۤ اَمْوَالُكُمْ وَاَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌ  ۙ  وَّاَنَّ اللّٰهَ عِنْدَهٗۤ اَجْرٌ عَظِيْمٌ
"Dan ketahuilah bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah ada pahala yang besar."
(QS. Al-Anfal: Ayat 28)

jika anak kita nakal, tak mau beribadah, jauh dari Allah. Itu adalah bentuk cobaan/ujian Allah bagi kita. Jika kita mengerti ini, tentu lah kita kan bersabar. Tidak akan ada kisah nya malin kundang.

Orang tua yang mengutuk-ngutuk anak ialah orang tua yang ber ego, karna ia tak memahami bahwa sikap si anak ialah atas kehendak Allah. Sehingga tak bisa bersabar.

Lihat lah Allah pada setiap sesuatu, pasti kita kan bersabar. Kita bertakwa juga atas panggilan Allah, bukan atas kemampuan kita. Jadi jangan pernah bangga dengan ibadah yang telah kita lakukan. Jika anak-istri tak mau mendengar Nasehat, doakan saja mereka. Karna hanya Allah yang dapat merubah mereka, bukan diri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar