Minggu, 29 Oktober 2017

SYUKURI DAHULU, JANGAN MENGELUH

SYUKURI DAHULU, JANGAN MENGELUH

Sangat banyak orang bicara tentang bersyukur tetapi sangat sedikit yang memberi contoh bagaimana mengaplikasikan syukur itu dalam kehidupan kita?

saya berikan contoh dari pengalaman saya..
saya pernah mengalami kondisi keuangan yang sangat minim. sementara tagihan yang harus di bayarkan sangat lah banyak.

Di sini pasti kita menjadi penuh dilema dan kebimbangan. "jika saya bayarkan.. bagaimana ya pegangan saya nanti?" semua orang pastilah mengalami ini ketika uang nya tinggal sedikit.

Sehingga kita menjadi mengeluh dan mengeluh. ini adalah suatu sikap yang salah. dan menjadi kufur nikmat. cuma banyak orang yang tidak menyadari.

Contoh, saya memiliki uang sebesar Rp 2.700.000..
Bayar  cicilan Rumah Rp 1.800.000
Bayar Hutang piutang Rp 500.000
Bayar Air + Listrik Rp 350.000
Total yang harus di bayarkan ialah Rp 1.650.000
Berarti sisa uang saya hanya Rp 50.000

Siapa pun orang nya pasti lah bingung dan ketakutan.. bisa bertahan berapa lama dengan uang yang hanya sisa Rp 50.000? sehingga banyak kita yang jadi mengeluh karna harus membayar ini dan itu..

ini juga pengalaman saya. saya juga takut.. bagaimana ya ke depan nya nanti dengan sisa uang yang tinggal sedikit?

sebenar nya itu sikap yang salah.. kufur nikmat. saya pun baru menyadari ini. seharusnya kita itu bersyukur.. bukan nya mengeluh.

koq bersyukur bang.. uang nya tinggal sedikit?

ini lah yang banyak tidak kita syukuri.. apakah itu?
Bisa membayar saja itu sudah nikmat Allah. kita di berikan kemampuan membayar semua tagihan itu berarti sudah di cukupkan Allah. mengapa pula kita tidak bersyukur.. koq malah mengeluh?

masih untung ada uang untuk membayar.. jika tak punya uang untuk bayar bagaimana? koq sisa yang sedikit itu saja yang kita lihat. mengapa tidak melihat Allah memberi kita kemampuan untuk membayar?

Jadi, Rubah lah sikap kita.. bisa membayar saja, itu sudah nikmat. mengapa tidak di syukuri?

Mungkin ada yang seperti ini, "Tetapi saya sampai ngutang-ngutang bang untuk membayar..?"

Ada orang yang mau memberi hutangan saja, itu sudah nikmat. mengapa tidak di syukuri? jadi, tiada alasan untuk tidak bersyukur.

sangat banyak nikmat Allah yang tidak kita syukuri.. jadi renungi lah.. belajar lah bersyukur.. jangan suka mengeluh. jika bersyukur, pasti kan Allah tambahkan nikmat Nya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar