Minggu, 27 November 2016

IDE(ILHAM)

IDE (ILHAM)

IDE itu sama dengan Ilham yaitu sesuatu yang datang sendiri, tanpa di pikir-pikir.

Mungkin di saat kita sedang punya masalah atau kehabisan ide kita pasti berpikir keras. Bagaimana ya solusi nya? Jika di pikir-pikir ide pasti sulit datang. Solusi pasti tak terpecahkan. Jadi bagaimana ide-ide cemerlang itu kita dapatkan?

Cara nya amat mudah, biasa kan matikan pikiran ini di saat kita ingin menangkap ide atau ilham. Mematikan pikiran ialah cara agar ide murni atau ilham itu datang. Ketika kita tak berpikir di situlah hilang nya daya upaya (berserah diri) yang sesungguhnya.

Sambung saja kesadaran kepada Allah(Sadar Allah).. jangan berpikir. nah, di saat kita Sadar Allah, ide/ilham itu akan datang dengan sendiri nya.

Tiga moment yang sering saya dapatkan dalam menangkap ide/ilham Allah. Yaitu,
- Di saat duduk santai di teras rumah sambil ngopi dan menikmati rokok.
- Di saat buang hajat (BAB)
- Di saat sholat dan duduk berdzikir.

Mungkin sebahagian teman-teman merasa heran, "masa" sih, di toilet/tandas bisa mendapatkan ide/ilham? Bukan kah kita di dalam toilet tidak boleh berdzikir? Pahami dahulu makna dzikir. Dzikir itu makna nya Sadar Allah. Menyadari Allah dengan kesadaran jiwa ya boleh saja. Asal tidak di ucapkan melalui lisan. Di saat kita terlatih berdzikir nafas. Maka kesadaran akan Allah itu akan selalu aktif di kala duduk, berdiri, dan berbaring. Jadi, ketika kita sedang BAB terkadang jiwa ini terus berdzikir dengan sendiri nya.

Nah, ini moment tepat. Karna di saat BAB, pikiran kita mati(tiada berpikir). Ilham Allah sering turun di kala itu.

Begitu pula di saat sholat. Ketika saya punya masalah dan solusi belum ketemu juga, dan sudah waktu nya sholat. Saya abaikan masalah, saya sholat dahulu. Dalam sholat itu ide/ilham akan datang. Contoh nya begini,
Mungkin teman-teman pernah mengalami, ketika sholat tiba-tiba teringat/terpikirkan, "oh iya ya, hari sudah malam.. tetapi jemuran belum juga di angkat!" Itu bentuk ilham Allah. Karna di saat itu kita fokus/khusuk dalam sholat, tiada berpikir. Padahal sebelum nya kita tak ingat, tetapi ketika sholat seperti ada yang mengingatkan.

Dan duduk santai di teras, ya sama juga cara nya, bawa saja berDN(Sadar Allah), jangan banyak pikir tentang masalah dalam kehidupan. Ketika pikiran itu mati/istirahat.. maka ide/ilham Allah itu akan datang sendiri.

Jadi marilah kita senantiasa berdzikir nafas di setiap saat. Di kala duduk, berdiri, dan berbaring.. apabila sudah terlatih.. maka kesadaran akan Allah itu akan selalu aktif setiap saat. Tentu hidup ini lebih santai.. tidak banyak mikir, karna ide/ilham Allah itu akan datang sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar