Senin, 28 Agustus 2017

SEIKHLAS NYA SAJA.. TERNYATA LEBIH BERAT DARIPADA JUMLAH

Ebook Kesadaran Jiwa

SEIKHLAS NYA SAJA.. TERNYATA LEBIH BERAT DARIPADA JUMLAH

Awal nya Ebook kesadaran jiwa saya jual seharga lima puluh ribu rupiah. Lalu ada seorang sahabat yang memberi saran, " di ikhlaskan saja bang, jika mereka ingin bersedekah kasih lah no rekening. yang penting Syiar Sadar Allah ini lebih meluas."

Karna saya melihat ini perintah Allah, maka saya pun menggratiskan Ebook tersebut. ya sudah, saya pun meleburkan keakuan..  yang penting kalam-kalam Allah itu sampai kepada yang membutuhkan.

Tiba-tiba ada sahabat yang lain ingin membeli Ebook tersebut. " Berapa yang harus saya bayar bang?"

Lalu saya pun menjawab, "ya seikhlas nya saja.."

"Berapa ya bang, jadi bingung saya?" sahabat tersebut pun menjadi tidak enak, jika membayar terlalu sedikit! ia ingin nya enak sama enak. saya pun memahami perasaan nya.

" ya sudah, biar tidak bingung.. lima puluh ribu saja..!"

"ok bang, siap!" tampak lega di hati nya..

Jadi, dari kejadian ini saya pun mendapatkan pelajaran.. bahwa kalimat " Seikhlas nya saja" itu lebih berat daripada jumlah uang yang di tentukan! Mengapa berat? karna keihklasan kita akan terbaca oleh orang lain.

Jika ikhlas kita hanya sepuluh ribu rupiah, dua puluh ribu rupiah, pasti kita malu memberi jika sedikit. padahal tidak perlu malu.. ikhlas itu lebih berharga daripada jumlah.

Ketika di tentukan jumlah nya mengapa ringan..
ketika di katakan seikhlas nya saja, berat luar biasa..
D situlah ego sedang menyelimuti diri kita. kita malu karna diri, bukan karna Allah..

Jika ada orang yang berkata "seikhlas nya saja".. ya sudah ikhlas kita berapa? sepuluh ribu, ya kasih saja sepuluh ribu.. itu lebih bermakna di hadapan Allah.

Banyak yang tidak menyadari.. bahwa kalimat " seikhlas nya saja" itu sering di manfaat kan oleh orang-orang yang ingin mencari keuntungan lebih. mengapa memakai kalimat "seikhlas nya saja..?" karna pastilah orang akan memberi melebihi jumlah yang ia tentukan. di sini keegoan benar-benar menguasai diri. " Masa kamu memberi sedikit, malu donk!" akhinya kita memberi lebih karna keegoan.. bukan karna Allah. dimana lagi letak nya ikhlas jika sudah begitu?

Lebih baik sedikit.. tetapi ikhlas karna Allah..
daripada banyak.. tetapi karna ego diri..

Lain kali.. kalau kita berjumpa dengan orang yang berkata, " seikhlas nya saja" Abaikan lah rasa malu.. malu itu juga ego.. lihat lah Allah nya, kita memberi sedang di saksikan Allah. " Mampu ku hanya segini ya Allah", walau sedikit mudah-mudahan berkah.

jika kita memberi lebih.. berikan juga karna Allah.. " engkau mudahkan rezeki ku ya Allah.. aku memberi lebih ini juga atas rasa syukur ku kepada MU.." itu lah ikhlas.. bukan lagi karna gengsi atau ego diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar