Sabtu, 05 Agustus 2017

MENGENAL EGO DIRI

MENGENAL EGO DIRI

Sudah kah kita mengenal ego diri, darimana kah datang nya ego? akan saya coba jelaskan agar kita mengenal lebih dalam tentang ego ini.

Ego diri atau keakuan itu ialah bersumber dari Nafsu. Nafsu adalah dorongan dan bisikan yang selalu mengajak kepada keburukan. Nafsu ini lah yang selalu membisiki hati manusia Sehingga timbullah ego atau keakuan,

Kamu cantik dan rupawan..
kamu Mulia..
Kamu suci..
Kamu pintar..
Kamu Benar..
kamu Hebat..
Kamu kaya.. dll..

ketika hati ini tiada Sadar kepada Allah, maka akan sangat rentan untuk terbujuk rayuan nafsu. sehingga timbullah ego dan keakuan. ketika kita merasa memiliki.. maka di situ muncul lah ego.

Seorang suami akan bersikap ego.. ketika ia merasa memiliki gelar suami. Harus di patuhi, harus di hormati, harus di layani, dan lain sebagai nya. ini sikap ego karna merasa suami..!

sedangkan seorang istri.. akan bersikap ego ketika ia merasa memiliki gelar atau hak istri. harus di mengerti, harus di sayang, harus di manja, harus di antarin dan macam-macam lain nya.

Ego itu kan timbul, ketika kita merasa memiliki hak suami atau istri. sehingga kita pun selalu menuntut hak kita masing-masing. begitu lah jika sudah merasa memiliki. Seharusnya hak itu jangan pinta. tetapi kita hilangkan hak kita.. dan berusaha lah memberi atau memenuhi hak masing-masing! sehingga tiada lah keegoaan.

Begitu pula bagi orang-orang yang merasa memiliki sesuatu.. pasti ego kan muncul. Contoh nya merasa memiliki ilmu.. pastilah ia memandang rendah orang yang tidak berilmu..

Merasa mampu, merasa kuat, merasa bisa, merasa, merasa, dan terus merasa memiliki.. ego lah diri nya. di sini banyak yang lupa dan tidak sadar.. siapa yang memberi semua yang kita miliki itu?

Ketika kita merasa taat beribadah dan suci.. dan melihat orang lain belum bisa seperti kita, pasti sepele dan memandang hina orang lain. padahal siapa yang memberi kekuatan kita beribadah itu..? banyak yang lupa..

Itulah keakuan.. Ego.. Nafsu lah yang membisiki hati ini. sehingga timbullah merasa memiliki dan kita lupa kepada yang maha pemberi. Banyak yang tidak sadar, semakin berilmu, semakin suci.. tetapi semakin menjadi Iblis..! merasa lebih baik dari orang lain adalah sifat iblis.

Sangat sedikit lah orang-orang yang bisa mendengar bisikan-bisikan nafsu. sehingga timbullah keegoan. karna hati nya lalai dari Sadar Allah.

Nafsu itu sangat lah halus.. terkadang keegoaan itu di tutupi oleh kebaikan. Baik di luar.. padahal busuk di dalam. selalu di bisiki nya kita memiliki sesuatu.. sehingga diri besar kepala. semakin besarlah keakuan.

mari kita senantiasa Sadar Allah.. selalu lah sadar Allah, jangan lepas dari Allah. sehingga bisikan nafsu itu semakin jelas terdengar dan lebur lah keakuaan dan keegoan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar