Jumat, 02 September 2016

LEBUR NYA EGO

LEBUR NYA EGO

Lebur nya ego, akan membuat kita bisa menerima pelajaran darimana saja..

contoh ego yang lebur ialah apabila kita bisa tunduk dengan seseorang yang derajat  nya di bawah kita.

Telah di contohkan di Al quran, ketika iblis di mulia kan Allah, di tinggi kan derajat nya. Ia semakin angkuh dan tidak tunduk. Iblis tidak mau bersujud kepada adam karna ia yang di ciptakan dari tanah, sedangkan iblis merasa lebih mulia karna di ciptakan dari api..

Wahai sahabat ku semua, kalau di pikir-pikir.. tanpa di sadari kita ini sering seperti iblis. Banyak contoh dalam kehidupan..

- Seorang suami yang penuh ego kepada istri nya. Merasa pemimpin, merasa harus di taati keinginan nya, merasa paling tahu daripada istri. Mau omongan dia saja yang di dengar, omongan istri mana mau di dengar nya..

- seorang ibu yang penuh ego pada anak-anak nya. Kalau tidak menuruti mau nya si ibu, pasti di bilang durhaka. Di kutuk-kutuk jadi batu. Paling benar, paling tahu, mana mau mendengar masukan dari anak-anak nya..

- seorang Atasan yang penuh ego pada bawahan nya, pasti menjadi arogan. Membantah sedikit ucapan atasan langsung di pecat.. mana mau mendengar masukan bawahan.

- seorang guru yang penuh ego pada murid-murid nya, merasa lebih tahu.. lebih pintar. Jika si murid lebih maju, mana mau di saingi. Takut murid nya lebih hebat daripada nya.

- seorang sepuh yang penuh ego, mana mau di nasehati oleh anak kemarin sore. Ingus saja belum kering.. koq berani-berani nya menasehati orang tua? Hehe..

Banyak lah contoh-contoh kita temui dalam kehidupan. Tanpa di sadari kita telah menjadi iblis. Penuh ego..

Jika ego telah lebur pasti berbeda..
Kita bisa membaur dan menggali pelajaran darimana saja.

-seorang guru.. menganggap murid-murid nya sebagai sahabat.
-seorang atasan.. menganggap bawahan nya itu partner kerja..
-seorang suami.. menganggap istri nya sahabat seperjalanan.
-orang tua.. menganggap anak-anak nya sebagai teman..

Tentu jika seperti itu.. tiada lah yang namanya egoisme. Hidup ini lebih harmonis, mereka lebih respect tanpa mengurangi kewibawaan kita.

Mari kita latih melebur ego diri dengan senantiasa SADAR ALLAH..
Nanti akan sangat jelas, jika kita telah hidup dalam keIHSANan, maka akan lebur lah ego diri ini.
Dan kita bisa menerima masukan dan menggali pelajaran darimana saja, walau itu dari orang-orang yang di bawah derajat kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar