Jumat, 09 Oktober 2015

TIPS AGAR MENDAPAT PAHAM DALAM BELAJAR KETUHANAN

Belajar ilmu ketuhanan tidak sama dengan ilmu2 dunia..
Yang mana ilmu dunia,lebih memakai akal dan logika. Sementara ilmu ketuhanan banyak yg bertentangan dengan akal. Bertentangan itu maksud nya.. susah utk di jelaskan dengan logika!
Jadi kita memakai apa..?
Ilmu ketuhanan itu serba ghoib,susah di jelaskan dgn akal/logika.. jadi kita juga belajar nya harus memakai yg ghoib. Contoh nya.. PASRAH..! bisa di jelaskan dgn logika,seperti apa pasrah itu? Tidak bisa kan.. sulit utk di gambarkan dengan akal. Jadi,Pakai lah hati.. jiwa yg esensi nya dia juga ghoib..!
Jadi ketika belajar dr siapa saja,baik sahabat atau guru.. aktifkan kesadaran jiwa ini,jangan memakai akal/pikiran! Karna kalau memakai akal/logika.. ya tidak bakal nyambung. Malah tidak bisa mendapatkan paham karna muncul nya EGO!
Di sini penting nya dalam belajar di butuhkan hati yg bersih: sabar,ikhlas dan selalu berprasangka baik..!
Kalau belum paham,jangan cepat2 protes.. berbaik sangka saja,dan mohon pada ALLAH,agar di beri paham!
Selalu menghargai apa2 yg di ucapkan guru.. walau kadang ucapan nya sepele,padahal di situ ada ilmu.. beruntung lah bagi yg memahami ini!
Makanya dari sekian banyak murid yg belajar,mengapa tidak semua yg mendapatkan paham? Karna yaa tergantung hati kita masing2! Memakai hati.. apa memakai akal/logika! Di laksanakan atau tidak? Percuma teori menumpuk kalau tidak di praktekkan.. paham itu kita dapatkan,apabila kita praktek kan.
Saya cerita sedikit pengalaman saya dalam belajar:
Ketika saya berDN,saya mengalami pengalaman spritual yg membingungkan dan belum paham makna nya.
Lantas saya tanya ke guru: apa makna yg saya alami itu ya guru?
Guru cuma jawab: lanjutkan saja..!
Besok nya bingung lg,tanya lagi.. jawab nya sama: lanjutkan saja..!
Lama2 EGO jd muncul.. diri tak terima karna tidak mendapatkan jawaban yg tidak memuaskan. Tapi saya bersabar.. dan terus melanjutkan pesan2 guru. Begitu saya lanjutkan.. di situlah baru ALLAH berikan paham! Untung saya lanjutkan,kalau saya stop,saya yg rugi. Hehe..
Sejak itu saya selalu berprasangka baik.. setiap ucapan guru,saya anggap itu ilmu! Tidak pernah saya abaikan..
Guru berpesan: perbanyak PASRAH..!
saya tangkap,kata itu..pasrah?
Tiba2 ALLAH mengajarkan saya PASRAH yg sesungguh nya..
Guru pesan: coba di tulis,ilham yg di dapat..!
Saya tulis..! luar biasa,ternyata banyak pelajaran dr ALLAH melalui tulisan saya sendiri, tulisan2 itu bukan dr pikiran saya.. dan saya banyak belajar dr tulisan2 saya sendiri..
Guru pesan lg: jangan bergantung guru,langsung saja berguru pada ALLAH..!
makin semangat..saya jawab siap guru..!
Alhamdulillah.. pelajaran demi pelajaran dr ALLAH kian mengalir!
Syukur nya saya mendapatkan guru yg bijaksana.. yg membuat murid2 nya MANDIRI..!!! Tidak bergantung pada guru. Sehingga saya terus belajar dari mana saja,Bahkan semua sahabat2.. seperguruan saya anggap juga mereka sebagai guru! Dan saya dapat banyak pelajaran dr siapa saja!
Jadi guru saya banyak..!hehe..
Ilmu ALLAH maha luas.. kita ga tahu dr mana saja pelajaran ALLAH itu turun,bisa jadi dr sahabat2. Makanya kita ga boleh membatasi diri,jangan meremehkan para sahabat. Bisa jadi ilmu itu turun melalui dr yg tua atau yg muda!
Jadi semua tergantung hati..jiwa kita.. ketika kita berbaik sangka sesama sahabat,kepada guru.. dan menjalankan pesan2 hikmah mereka. Maka ALLAH akan turunkan paham!
Semakin bersih HATI..semakin jelas kita menangkap ilmu2 hakikat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar