Jumat, 09 Oktober 2015

BELAJAR BODOH

Belajar bodoh..? Bingung,kan..?
Saya juga bingung..!!!
Yg nama nya belajar itu,kita biar pintar.. ini koq bodoh? Hehe..
kalimat ini tak asing bagi pengajian2 mahrifat. Alhamdulillah.. setelah menjalani DN saya jadi paham makna kalimat di atas!
bodoh yg di maksud di sini,bukan bodoh nya otak atau iQ yg lemah.
tetapi Belajarlah menghilangkan EGO atau ke Aku an!
Sangat berbeda dgn orang yg merasa pandai,pintar seolah sesuatu yg ia paham itu adalah yg paling benar.. ini lah EGO atau ke Aku an Yg sering muncul tanpa di sadari! Semakin merasa pintar.. semakin di kuasai EGO. Paham yg bercampur EGO itu tidak lagi murni.. apa lagi kalau kepandaian atau kepintaran nya hanya dr hasil baca/jiplak.. bukan laku,dan bercampur lg dgn EGO. ini sangat berbahaya.. ia hanya pintar tetapi tidak paham. Ia hanya tahu.. tetapi tidak melakukan( belum praktek,hanya tahu teori).
Belajar bodoh itu rupanya..
Belajar lah bahwa diri ini benar2 bergantung dan bersandar pada ALLAH.. merasa tidak tahu apa2 sehingga ALLAH lah yg mengajarkan nya! Walau ia pintar,ia tidak merasa pintar.. ! Karna ia merasa tidak bisa apa2 kalau bukan ALLAH yg memberi paham pada nya. Ketika EGO benar2 nol,maka ALLAH akan turunkan paham yg haq dr nya. Dan banyak nya paham itu di dapat dr hasil laku,bukan karna belajar atau membaca..(langsung praktek)!
Inilah kepintaran yg benar2 haq dan murni..
Belajar bodoh itu ialah belajar berserah.. tidak tahu apa2,tidak pintar apa2 tanpa ALLAH yg memberi paham!
Sangat berbeda orang yg menyampaikan paham dgn EGO.. dan yg tanpa EGO!
menyampaikan dgn EGO,ia merasa pintar.. maka apa yg di sampaikan tidak lagi murni,sehingga terjadi perdebatan! Semakin berdebat,EGO semakin terpancing dan sulit menerima ilmu..
Kalau kita merasa bodoh tidak tahu apa2 dan tiada EGO.. ini lebih aman,ketika di debat kita selalu prasangka baik,sehingga bisa mendapatkan ilmu dr orang lain.. kita malah di ajari oleh ALLAH. Nol nya diri.. maka akan mendapatkan paham yg murni(haq)!
Orang yg merasa pintar akan cepat puas,sehingga malas utk belajar.
orang yg merasa bodoh,tak tahu apa2 lebih tulus dalam belajar.. sehingga ia akan terus belajar karna merasa diri nya belum pintar!  dgn ketulusan nya itu ALLAH terus mengajarkan nya!

Istiqomah lah berDN..
makin lama kita akan makin berserah dan meniadakan EGO..
Sehingga ALLAH terus mengajarkan apa2 yg tidak kita ketahui!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar