Minggu, 04 Oktober 2015

DENGAN BERSERAH DIRI, KITA AKAN DI ILHAMKAN ALLAH..

Mari kita ambil pelajaran dr kisah ibu nya musa di bawah ini..
Ţāhā:38 - yaitu ketika Kami mengilhamkan kepada ibumu suatu yang diilhamkan,
Ţāhā:39 - Yaitu: "Letakkanlah ia (Musa) didalam peti, kemudian lemparkanlah ia ke sungai (Nil), maka pasti sungai itu membawanya ke tepi, supaya diambil oleh (Fir'aun) musuh-Ku dan musuhnya. Dan Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku; dan supaya kamu diasuh di bawah pengawasan-Ku,
Ţāhā:40 - (yaitu) ketika saudaramu yang perempuan berjalan, lalu ia berkata kepada (keluarga Fir'aun): "Bolehkah saya menunjukkan kepadamu orang yang akan memeliharanya?" Maka Kami mengembalikanmu kepada ibumu, agar senang hatinya dan tidak berduka cita. Dan kamu pernah membunuh seorang manusia, lalu Kami selamatkan kamu dari kesusahan dan Kami telah mencobamu dengan beberapa cobaan; maka kamu tinggal beberapa tahun diantara penduduk Madyan, kemudian kamu datang menurut waktu yang ditetapkan hai Musa,
Ternyata mengikuti ilham itu adalah.. bimbingan ALLAH,kepada apa yg di kehendaki nya.. sangat beruntung kita yg bisa menerima ilham dan menjalankan sesuai dgn perintah ALLAH( yg di ilhamkan). Dan ilham ini hanya bisa di terima ketika kita BERSERAH DIRI kepada ALLAH SWT..
Dari kisah di atas.. kita bisa mengambil pelajaran! Ketika bala tentara fir'aun memburu bayi laki2 utk di bunuh,ibu nabi musa berusaha menyelamatkan bayi nya(musa). Akhirnya ia menghanyutkan musa di sungai Nil..! Ia tidak pernah tahu apa yg akan terjadi ketika ia menghanyutkan nabi musa di sungai.. apakah musa akan selamat? Apakah akan tenggelam? Apakah mati kelaparan atau di makan buaya..? Ia tidak pernah tahu apa yg akan terjadi kelak..
Inilah bentuk BERSERAH DIRI/PASRAH pada ALLAH.. jadi apa yg di lakukan itu tidak memakai pikiran,karna kalau memakai pikiran pasti banyak pertimbangan. Jadi PASRAH itu adalah menyerahkan segala sesuatu pada ALLAH dan memakai keyakinan(iman). Ketika ia BERSERAH diri pada ALLAH.. ia akan di bimbing(di ilhamkan) kepada apa2 yg di kehendaki ALLAH.. dan di akhir cerita, ALLAH memberi kegembiraan pada ibu musa.. ALLAH mengembalikan musa pada ibu nya.
Mari kita ambil pelajaran.. ketika ibu musa di beri ujian/masalah,dan harus berpisah dgn anak nya(musa), ternyata itulah cara ALLAH menyelamatkan musa.. lihat betapa halus nya rencana ALLAH..? MUSA yg awal nya hendak di bunuh,malah di ambil dan di asuh oleh fir'aun.  
Jadi,ketika kita mendapat ujian dr ALLAH,baik masalah,musibah atau segala sesuatu yg tidak kita inginkan.. selalu lah berprasangka baik pada ALLAH. Kita harus percaya janji ALLAH: ALLAH memberi ujian tidak di luar batas kemampuan kita.. berarti kita mampu menghadapi ujian! Karna rencana ALLAH sangat halus,kita tidak pernah tahu kebaikan/hikmah apa yg ALLAH sediakan di sebalik ujian ini. Terkadang kebaikan/hikmah itu harus di tempuh melalui ujian/masalah dahulu! Berat dan sulit nya menghadapi ujian itu karna kita tidak berprasangka baik pada ALLAH karna kita tidak berserah diri, kita hanya cepat berkata: ini azab ALLAH,ALLAH sedang menghukum ku.. apa kah salah dan dosa ku,hingga ALLAH memberi ujian begitu berat? Mengapa harapan ku tidak sesuai kenyataan? Mengapa hidup ku selalu susah begini?
Kita terlalu cepat berburuk sangka kepada ALLAH.. padahal kita tidak pernah tahu,kebaikan apa yg ada di sebalik ujian yg kita hadapi. Mulai skrg selalu lah berprasangka baik pada ALLAH.. MASALAH yg kita hadapi saat ini pasti ada hikmah nya,ALLAH maha pengasih dan penyayang.. ini bukan hukuman ALLAH,RAHMAT nya maha luas! Ketika kita di beri masalah atau sesuatu yg tidak kita inginkan,sesungguhnya ALLAH punya rencana yg lebih indah dr pada yg kita inginkan. Jadi apapun kehendak ALLAH.. itu adalah yg terbaik utk kita.
Mulai sekarang Bersyukur lah apabila kita di beri ujian/masalah oleh ALLAH: berarti ada rencana ALLAH yg terindah di sebalik masalah yg kita hadapi..!
Jadi dalam menghadapi masalah.. jangan pakai pikiran dan berusaha menyelesaikan masalah,Cukup PASRAH..kepada ALLAH!
dengan pasrah/berserah diri kita akan di ilhamkan ALLAH kepada apa2 yg di kehendaki nya. ALLAH akan membimbing dan memberi petunjuk kepada hikmah nya.
Jadi PASRAH itu bukan diam tak bergerak atau tidak berusaha.. tetapi kita justru berjalan atau mengikuti kepada kehendak2 ALLAH.. karna di saat kita PASRAH,kita telah menghilangkan kemampuan diri.. dan ALLAH akan memberi petunjuk(ilham)..
ALLAH lah yg mengatur dan menyelesaikan masalah kita!
Sungguh beruntung kita yg di ilhamkan ALLAH,karna kita telah berjalan kepada kebaikan/hikmah yg di rencanakan ALLAH.
Istiqomah lah berdzikir nafas.. dengan mengikuti nafas dalam DN,itulah latihan PASRAH..
Dengan mengikuti nafas yg kembali kepada ALLAH,itulah BERSERAH DIRI..
Dengan istiqomah berDN insyAallah,kita akan senantiasa PASRAH dalam kehidupan ini.. sehingga ALLAH bimbing kita kepada kehendak2 nya( di ilhamkan).. dan mengikuti apa yg di ilhamkan ALLAH,Kita akan sampai kepada kebaikan/HIKMAH yg di rencanakan ALLAH..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar