Selasa, 09 Mei 2017

YANG PENTING PAHAM MAKNA NYA

YANG PENTING PAHAM MAKNA NYA

Ketika adik saya menonton video-video youtube saya, maka dia pun berkomentar, "Bang semua video-video abang yang di youtube itu saya lihat koq tidak ada sih, abang membacakan ayat-ayat Al quran yang bahasa arab nya? hanya terjemahan bahasa indonesia saja yang abang bacakan. Ustad tidak jelas nih..! masa' ceramah nya setengah-setengah? hehe.. si iwan pun tertawa terbahak-bahak mengejek saja.

Saya pun jadi geli, mendengar komentar si iwan. suasana pun jadi pecah karna tawa kami..

"itu pertanda abang mu ini bukan ustad wan, kalau ustad itu pasti hafal Al-quran. tetapi menurut abang itulah cara efektif wan untuk mempelajari Al-quran. kamu baca saja terjemahan nya. setelah memahami makna yang terdalam, lalu kamu amalkan dalam kehidupan ini. Begitulah cara abang belajar selama ini"

Si iwan pun ketawa nya semakin besar, " Ah, benar-benar tak jelas abang nih! haha.."

"mari kita bandingkan wan, mana yang lebih baik.. orang yang banyak hafal ayat-ayat Al quran tetapi tidak paham makna nya dan orang yang tidak hafal tetapi paham makna nya?"

"Contoh nya saja, Bismillahirahmanirrahim..( “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”) Mungkin kita semua hafal, setiap hari kita sebutkan Bismillah! tetapi ketika diri ini di uji, di beri masalah dalam hidup, hilang lah makna Bismillah itu. yang ada diri ini berontak, " Mengapa Hidup ku selalu susah? mengapa Tuhan tak adil, mengapa yang lain bahagia.. aku koq tidak bisa seperti yang lain nya? Tiada kita Sadari Bahwa Allah itu maha pemurah dan Penyayang."

"Berarti Bismillah yang di hafal dan di sebutkan itu hanya lah bacaan tanpa makna. hafal, tetapi tidak memahami. Menurut abang wan, Lebih baik kita pahami Allah yang pemurah dan penyayang itu dengan penuh kesadaran. yakini dan Sadari Allah itu pemurah, jika saat ini di beri miskin.. bukan berarti Allah pelit. jika di saat ini di beri sulit, bukan berarti Allah tidak sayang. tetapi ada rahasia di sebalik itu semua. Dan ketika engkau memahami dan menyadari itu, berarti engkau telah memahami Bismillah yang seutuh nya wan!"

"Jika baru Bismillahirahmanirrahim saja engkau tak paham makna nya wan, sia-sia lah engkau hafal-hafal Al quran itu. tiada bermakna dalam kehidupan mu!"

Renung-renungkan lah wan perkataan Ustad yang tidak jelas ini! hehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar