Minggu, 25 Maret 2018

TAKUTKAH ANDA JIKA BELAJAR TANPA SANAD?

TAKUTKAH ANDA JIKA BELAJAR TANPA SANAD?

Sanad ialah riwayat atau silsilah suatu keilmuan sampailah kepada Rasulullah. Dari apa yang di ajarkan Rasulullah turun temurun hinggalah sampai sekarang. Sehingga keilmuan itu benar-benar murni dan terjaga.

Menurut saya pribadi, belajar agama dengan bersanad itu baik.. sangat baik. karna sudah pasti tidak menyimpang karna silsilah nya yang jelas.

Tetapi dengan berjalan nya waktu hingga sampai sekarang. Sanad ini telah menjadi kasta bagi sebahagian orang. menjadi sombong dan merasa paling benar.

Ketika ia menemukan ajaran yang tanpa sanad, ia kan sepele dan menganggap ajaran itu salah dan tidak jelas. karna tidak pernah di ajarkan oleh Rasulullah.

Orang-orang yang seperti ini adalah orang yang telah menciptakan berhala. menciptakan kasta-kasta.. sehingga merasa jalan nya lah yang paling benar, karna ia bersanad.

Tetapi ia tak menyadari bahwa dengan keegoan nya yang bersanad itu telah membodohi umat..!

Membodohi bagaimana?
"Jika belajar tak bersanad maka akan sesat.. karna amalan itu tak pernah di ajarkan oleh Rasulullah..!"

Begitu lah kata-kata yang sering keluar dari mulut mereka yang bersanad. selalu begitu hingga ratusan tahun turun-menurun. tanpa sadar ia telah menakuti umat. Sehingga banyak umat yang takut untuk belajar agama. jika tanpa sanad, umat pun jadi ragu untuk mengamalkan nya. karna tiada sanad atau silsilah yang jelas.

Ini adalah orang yang berpikiran sempit. sungguh sangat sempit. ia merasa bangga dengan jalan nya dan meremehkan jalan orang lain. padahal ilmu Allah itu luas.. sungguh sangat luas.. kita lah yang membatasi diri.

Bersanad koq sombong.. bersanad tetapi ego nya koq menjadi-jadi..? Apa itu yang di ajarkan Rasulullah?

Mengaku Makrifat.. tetapi koq selalu menakut-nakuti umat?

Jadi, jangan suka kita ikut-ikutan.. jika masih ada pengakuan, jangan ikuti orang itu..

Ajaran Rasulullah itu memudahkan, bukan menyulitkan, apalagi membodohi umat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar