Selasa, 20 Maret 2018

SHOLAT DAIM = SADAR ALLAH

SHOLAT DAIM = SADAR ALLAH
Oleh: Andy Firmansyah

Banyak yang bertanya seperti apakah sholat Daim itu?

Makna Sholat daim ialah sholat yang terus menerus tiada putus. Bagaimana sholat yang tiada putus, bukan kah kita juga harus selalu beraktivitas menjalani hidup ini..?

Mari kita kaji ayat ini, Allah SWT berfirman:

فَاِنْ خِفْتُمْ فَرِجَالًا اَوْ رُكْبَانًا  ۚ  فَاِذَآ اَمِنْتُمْ فَاذْکُرُوا اللّٰهَ کَمَا عَلَّمَکُمْ مَّا لَمْ تَكُوْنُوْا تَعْلَمُوْنَ
"Jika kamu takut (ada bahaya), sholatlah sambil berjalan atau berkendaraan. Kemudian apabila telah aman, maka ingatlah Allah (sholatlah), sebagaimana Dia telah mengajarkan kepadamu apa yang tidak kamu ketahui."
(QS. Al-Baqarah: Ayat 239)

Sangat jelas pada ayat tersebut Allah mengatakan sholat sambil berjalan dan berkenderaan. jadi dalam segala aktivitas kita itu harus selalu Sholat, jangan putus. lantas bagaimana cara sholat nya?

Kita lanjut lagi ke ayat berikut, Allah SWT berfirman:

اُتْلُ مَاۤ اُوْحِيَ اِلَيْكَ مِنَ الْكِتٰبِ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَ     ؕ   اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنْكَرِ  ؕ  وَلَذِكْرُ اللّٰهِ اَكْبَرُ    ؕ   وَاللّٰهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ
"Bacalah Kitab (Al-Qur'an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (sholat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan."
(QS. Al-'Ankabut: Ayat 45)

Jadi, inti atau tujuan Sholat itu adalah Dzikrullah (Sadar Allah)..
Orang yang rajin sholat lima waktu jika tiada Sadar Allah, bagaimana mungkin kan mencegah perbuatan keji dan mungkar? Jika kesadaran nya tersambung kepada Allah barulah ia kan dapat menghindari dosa. karna merasakan kehadiran Allah.

Dan di ayat tersebut di jelaskan.. sebaik-baik nya ibadah ialah Dzikrullah (Sadar Allah). Jadi sholat itu adalah sarana atau ritual untuk berdzikir kepada Allah. jika Sholat nya tiada Dzikir, tiada Sadar Allah.. berarti sholat itu belum sampai kepada puncak nya. hanya ritual tanpa makna.

Jadi, antara sholat daim dan Sadar Allah ya sama saja.. yaitu sama-sama Dzikrullah. dzikir atau sholat yang terus menerus jangan sampai terputus.

Di sini banyak yang salah tafsir bagi yang mempelajari ilmu-ilmu makrifat. ketika ia merasa sudah bisa sholat daim, maka sholat fardhu yang lima waktu malah ia tinggalkan. karna ia merasa diri nya sudah melakukan sholat.

Pahami lah ayat ini, Allah SWT berfirman:

فَاِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلٰوةَ فَاذْكُرُوا اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِكُمْ   ۚ   ؕ  فَاِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ   ۚ  اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا
"Selanjutnya, apabila kamu telah menyelesaikan sholat(mu), ingatlah Allah ketika kamu berdiri, pada waktu duduk, dan ketika berbaring. Kemudian, apabila kamu telah merasa aman, maka laksanakanlah sholat itu (sebagaimana biasa). Sungguh, sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman."
(QS. An-Nisa': Ayat 103)

Jadi sholat itu ada dua..
ada sholat yang di tentukan waktu nya (Sholat Fardhu), dan ada sholat yang terus menerus tanpa putus (Dzikrullah atau Sadar Allah). Jika belajar makrifat tetapi meninggalkan sholat fardhu jelas ia telah dalam kesesatan.

Lakukan lah sholat fardhu seperti biasa, di luar itu dalam beraktivitas.. barulah Sholat daim (Sadar Allah).. itu baru betul..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar