Sabtu, 04 Juli 2015

BERSYUKUR


Salah satu ayat tentang syukur:
Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku. (Al-Baqarah: 152)
Dari ayat di atas kita di suruh ingat kepada ALLAH.. apa yg harus di ingat dari ALLAH? Yaitu segala NIKMAT yg telah di berikan nya kepada kita.. sudahkah kita mensyukuri nya? Atau kita mengingkari nya..?
Renungkanlah(ingat lah).. apa yg kita punya/ada saat ini,lalu syukuri.. maka ALLAH akan menambah nikmat nya yg lebih baik lagi..
Yang nama nya manusia pasti banyak keinginan.. mau ini dan itu! Sudah banyak nikmat yg di berikan masih saja merasa kurang dan ingin lebih!
Tapi,tidak kah kita sadari.. Di saat kita berkeinginan/meminta sesuatu, kita telah mengingkari nikmat ALLAH?
Koq mengingkari..? padahal ALLAH menganjurkan: mintalah kepada ku maka Aku akan mengabulkan!
Nah,di sinilah salah kita.. kita hanya sibuk dengan meminta dan meminta.. tetapi kita lupa bersyukur. Bersyukur itu bukan saat harapan terkabul(sesuai keinginan),tapi syukuri lah dahulu nikmat saat ini. Makanya banyak harapan2 kita yg tidak tercapai.. kenapa? Karna kita telah mengingkari nikmat yg ada saat ini(tidak bersyukur).. Apa pun yg di kehendaki ALLAH saat ini kita syukuri dahulu.. pasti ada hikmah nya. Setelah bersyukur.. baru ALLAH akan menambahkan nikmat nya !
Walau kita tidak meminta kepada ALLAH.. ALLAH maha mengetahui segala isi hati,jd berhati2 lah dalam berkeinginan..sudahkah kita mensyukuri sebelum berkeinginan?
Contoh:
Ada orang tua yg selalu ingin anak nya selalu berbakti..setelah sang anak bekerja. tapi kenyataan nya tidak sesuai harapan. Seharusnya orang tua itu bersyukur dahulu bahwa sang anak sudah selesai sekolah dan telah bekerja.. sehingga mereka tidak terbebani lg karna sang anak sudah mandiri!
Sudah punya anak perempuan,ingin nya anak laki2.. seharusnya ia bersyukur dahulu karna sudah mempunyai anak perempuan. Yg belum punya anak ingin nya punya anak.. seharusnya ia bersyukur dahulu karna telah menikah dan mendapatkan jodoh..ada istri/suami. Begitu pula yg belum mendapatkan jodoh.. syukuri lah dahulu kehendak ALLAH saat ini. Dan banyak contoh yg lain.. tanpa di sadari kita tidak mensyukuri nikmat ALLAH ( ingkar nikmat).
Bersyukur itu adalah merasa puas dgn nikmat yg kita miliki atau saat ini. Jangan melihat kelebihan orang lain,sehingga kita merasa kurang.. tapi lihat lah masih banyak orang lain yg kurang beruntung di banding kita. Dengan begitu kita bisa bersyukur! Di saat kita meminta yg lebih baik.. berarti kita tidak puas dgn yg ada saat ini( tidak bersyukur).. tidak kah itu mengingkari nikmat?
Orang yg bersyukur akan selalu merasa puas dan bahagia. Dan orang yg tidak bersyukur akan selalu kecewa..
Ini yg sering tidak kita sadari.. mari benahi diri kita.. jangan hanya sibuk meminta dan meminta.. tapi syukuri dahulu yg ada saat ini dan ALLAH akan menambah nikmatnya yg lebih baik lg walau tanpa di pinta..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar