Minggu, 08 April 2018

TINGKATAN SPIRITUAL

TINGKATAN SPIRITUAL

Dalam berspiritual kita itu akan menghadapi tiga tahapan..

Tingkatan pertama Cinta,
Pada tahap pertama ini kita berada di wilayah Cinta. Ibarat seorang yang mabuk kepayang. ketika kecintaan nya semakin kuat kepada Allah maka ia kan terpanggil untuk lebih bertakwa kepada Allah. dan pasti banyak perubahan positif pada diri.

Tingkatan kedua Gila,
pada tahap kedua yaitu gila. ini berawal dari cinta..
Cinta tanpa bukti sama saja pengakuan palsu. di sini lah Allah akan menguji dalam kehidupan. Baik dengan kesulitan maupun dengan kesenangan.

Ketika spiritual semakin terbentuk.. maka akan membuat si hamba ini gila. tiada yang di takutkan di dunia ini. Apa pun yang terjadi ia siap. Jangan kan menghadapi masalah kehidupan.. mati sekarang pun ia siap! Karna kegilaan nya pada dunia itu telah terkikis oleh cinta nya kepada Allah.

Sedikit-sedikit Allah.. sedikit-sedikit Allah..! tiada lagi yang di pandang nya kecuali Allah. Ilmu Hakikat semakin terbuka. Berita langit (Ilham) selalu terdengar. sehingga ia terkesan aneh di banding orang awam pada umum nya.

Tingkatan ketiga Tenang,
pada tahap ketiga ini adalah wilayah tenang. Setelah gila atau mabuk ketuhanan. ia kan banyak mengintropeksi diri dan lebih banyak mengalah pada sesama mahluk. ia kan lebih menyederhanakan bahasa nya agar tidak salah tafsir. lebih banyak mengayomi daripada menghakimi. kegilaan nya semakin lama semakin mereda. justru ia sadar tak semua orang akan bisa seperti diri nya.

akan tampak biasa-biasa saja. justru orang tak dapat mengenali bahwa diri nya telah di puncak spiritual.

Hamba di puncak spiritual tertinggi ini sangat sulit di temui. Karna ia benar-benar tak dapat di kenali oleh pandangan Dzohir. walau sering bertemu dengan nya, kita pun tak akan dapat mengenali. kecuali mata hati yang dapat mengenali nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar