Sabtu, 15 Agustus 2015

SOMBONG

SOMBONG
"Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. Dan sederhanakanlah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu, sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai." (Luqman :18-19)
"Aku akan memalingkan orang-orang yang menyombongkan dirinya di muka bumi tanpa alasan yang benar dari tanda-tanda kekuasaan-Ku..." (Al-A'raf: 146)
"Maka masuklah pintu-pintu neraka Jahanam, kamu kekal didalamnya. Maka amat buruklah tempat orang-orang yang menyombongkan diri itu.” (An-Nahl: 29)
Astaqfirullah.. begitu banyak ayat Al Quran yg menyebut tentang kesombongan. Kesombongan ini sering terjadi di saat ALLAH memberi kita kelebihan.. inilah ujian ALLAH yg sangat halus. Ketika kita merasa lebih dari orang lain kita akan mudah terjerumus kepada kesombongan.
- ALLAH memberi ilmu.. kita akan mudah sombong kepada yg tidak berilmu..
- ALLAH memberi harta.. kita akan mudah sombong pada yg kurang harta..
- ALLAH memberi kedudukan.. kita pun akan mudah sombong pada yg tidak berkedudukan..
Begitu seterusnya.. di saat umur makin tua,terkadang kita akan suka remeh atau sepele pada yg muda2.. karna ingin selalu di hormati! Begitu juga sebagai suami/ayah.. kita pun akan mudah sombong kepada istri dan anak,karna menuntut hak yg selalu ingin di hormati..
Berhati-hatilah.. ketika ALLAH memberi kita kelebihan,kalau tiada SADAR ALLAH.. kita akan terjerumus kepada SOMBONG!
Dari ayat2 di atas sangat jelas.. di saat kita memalingkan wajah dari sesama manusia..tidak menghargai/menghormati karna kesombongan,maka ALLAH pun akan memalingkan wajah nya dari kita tanpa alasan yg benar.
Jadi sia2 lah amalan ibadah kita.. walau ibadah kita kuat pada ALLAH,ALLAH pun akan memalingkan wajah nya! Dan ALLAH akan memalingkan kita( menjatuhkan kita pada kesesatan.. bukan jalan yg menuju pada ALLAH). Dan NERAKA adalah tempat bagi orang2 yg SOMBONG.. astaqfirullah.. begitu mudah nya kita tergelincir pada neraka,karna kesombongan!
Ingat.. neraka bukan hanya di akhirat,di DUNIA ini pun kita bisa mendapatkan neraka. Bagaimana lagi kita bisa mendapatkan RAHMAT ALLAH.. kalau ALLAH sudah memalingkan wajah nya..???
Jadi bagaimana agar bisa terhindar SOMBONG..???
jadi lah orang yg biasa2 saja.. jangan merasa lebih dr orang lain,jangan menuntut hak ingin selalu di hargai dan di hormati.. akhlak yg baik akan selalu di hormati tanpa kita meminta di hormati..
Untuk membina hubungan yg baik dgn ALLAH.. maka kita harus bersikap baik dahulu kepada sesama manusia! Maka kita akan terhindar dari ALLAH memalingkan wajah nya (NERAKA)...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar