Minggu, 21 Juli 2019

SILAHTURAHMI BATHIN KEPADA GURU

SILAHTURAHMI BATHIN KEPADA GURU
Oleh: Andy Firmansyah
21 Juli 2019

Dalam mempelajari ilmu ketuhanan.. kita harus lah memahami dahulu silahturahmi bathin.

Seperti apakah silahturahmi bathin itu? Silahturahmi bathin ialah tersambung nya rasa. Atau jiwa bertemu jiwa..

Mungkin banyak yang bingung, "Bagaimana saya kan bersilahturahmi bang, padahal jiwa saja saya belum kenal..?"

Makna nya begini,
Kita harus ada rasa suka atau senang dahulu kepada orang nya, lalu juga suka akan ilmu-ilmu nya. Jika sudah seperti itu jaga lah rasa itu.

Mendekat lah, sambung rasa, sering-sering berkomunikasi agar kita saling kenal dan tambah dekat.

Kita jangan hanya mau ilmu nya saja.. tetapi kepada orang nya tidak mau dekat..! Mungkin kita banyak dapat ilmu nya.. tetapi ruh dari keilmuan itu pasti lah tidak akan kita dapatkan.

Bukan berarti guru itu pilih kasih..
Tetapi adab berguru itu sangat lah penting. Sang guru pasti kan melihat dan membaca.. siapa kah yang bersilahturahmi bathin kepada nya..

Jika si murid menjaga silaturahmi itu.. nggak perlu lah banyak minta ini itu. Tanpa kita sadari si guru akan menurunkan keilmuan nya kepada kita.

Dan jangan kaget jika di kehidupan kita sering terbuka tabir hakekat. Yang tidak tau.. menjadi tau! Karna keridhoan guru.. menjadi keridhoan Allah.

Setelah ilmu sang guru turun kepada kita.. tetap lah beradab dan sambung cinta kasih kepada guru. Amanah lah memakai keilmuan nya. Jangan pernah congkak dan merasa kita ini sudah bisa.. tak perlu guru lagi..

Karna kalau silahturahmi bathin terputus.. akan di cabut nya kembali ruh keilmuan itu. Dan ilmu yang kita miliki itu tiada lagi daya nya. Kosong.. tanpa ruh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar