Kamis, 25 Juni 2015

EGO

Nama nya manusia pasti punya ego. Dan ego atau keakuan diri ini sering mempengaruhi pada sesuatu yg tidak baik. Banyak contoh ego: marah,iri dengki,dendam,merasa lebih dr orang lain.. merasa paling pintar,paling benar.. dll.. dan tanpa kita sadari kalau kita selalu memperturut kan ego.. kita pun akan jauh dari kebaikan2!

Orang yg ego akan di jauhi orang,banyak yg tidak senang dan akan jauh dr kebaikan2.. orang yg merasa pintar,pasti tidak akan mendapat ilmu.. karna merasa sudah pintar sehingga tidak mau menyerap ilmu dr orang lain. Dan itu dia telah menolak kebaikan karna ego nya. Begitu pula yg merasa benar.. kalau dia mempertahankan kebenaran nya dgn ego,akan ada yg tersakiti.. sehingga ia di benci. Yg jelas banyak keburukan kalau mengikuti ego..

Alhamdulillah.. setelah menjalani dzikir nafas,saya jd paham,siapa sih si ego ini? Dengan DN kita akan paham mana yg jasad dan mana yg jiwa.. ternyata ego ini bagian dr jasad.. EGO akan semena-mena apabila jiwa tidak SADAR ALLAH. dgn DN jiwa akan senantiasa SADAR ALLAH,sehingga ego tidak punya peranan pd jasad.. tetapi jiwa yg sadar ALLAH lah yg mengendalikan jasad.

Apa yg akan terjadi..?
Walau ada yg membuat nya marah.. ia sabar.. jiwa dan jasad tetap tenang.
Walau ia sudah paham tidak merasa pintar,sehingga ia bisa mendapat kan ilmu baru dr orang lain..
Walau ia benar.. ia tidak egois,ia tetap menyampaikan kebenaran dgn lembut,sehingga tiada yg tersakiti. Ia akan banyak di senangi dan kebaikan demi kebaikan akan menghampiri nya.. dan banyak contoh yg lain nya..

Orang yg tanpa ego.. akan dihampiri banyak kebaikan!
Mari kita istiqomah berDN.. sehingga menjadi hamba yg baik karna jasad senantiasa di kendalikan oleh jiwa yg sadar ALLAH..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar